Mahasiswa Unpad Kampus Pangandaran Gelar Simulasi Penanganan Bencana di Pantai Barat Pangandaran



Pangandaran, Beritainspiratif.com - Mahasiswa semester VI Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran di Pangandaran melaksanakan kegiatan simulasi penanganan bencana khususnya bencana akibat air laut pasang (rob) yang digelar di Pantai Barat Pangandaran, Selasa (14/5) lalu.

Simulasi ini merupakan implementasi dari mata kuliah bersama yang diberikan kepada seluruh mahasiswa semester VI di PSDKU Unpad Pangandaran. Tujuannya untuk meningkatkan kesiapsiagaan mahasiswa terhadap risiko bencana yang terjadi di kawasan Pangandaran.

Simulasi ini dibimbing oleh empat dosen dari Departemen Gawat Darurat dan Kritis Fakultas Keperawatan Unpad yang juga pengurus Himpunan Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Provinsi Jawa Barat, yaitu Yanny Trisyani Ph.D., Etika Emaliyawati M.Kep., Ayu Prawesti M.Kep., dan Ristina Mirwanti M.Kep.

Selain dibimbing oleh dosen Fakultas Keperawatan, simulasi ini juga mengikutsertakan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tingkat II Kabupaten Pangandaran, kepolisian, penyelamat pantai (life guard) dan pihak Puskesmas Pangandaran.

Dilansir dari laman resmi Unpad yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad, simulasi dilakukan meliputi penanganan kegawatdaruratan pada ibu hamil, korban tenggelam, dan pengungsi. Dalam hal ini, masyarakat di sekitar pantai turut serta dalam kegiatan simulasi tersebut.

Penanganan diawali dengan pemilahan korban dengan pengategorian berdasarkan tingkat keparahan. Kemudian dilakukan pertolongan pertama di pos medis simulasi lapangan, serta dilakukan rujukan ke pos medis depan, yaitu Puskesmas Pangandaran.

[Yanis]

Berita Terkait