Mahasiswa Unikom Ciptakan Rompi Keselamatan



Bandung, Beritainspiratif.com - Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia membuat sejumlah pihak turut peduli, salah satunya mahasiswa Unikom yang tergabung dalam Tim Rivest. Mereka menciptakan perangkat keamanan dalam bentuk rompi, hal tersebut disampaikan pembimbing tim Rivest, Agus Mulyana, saat jumpa pers di ruang seminar kampus lama Unikom Senin (12/11/2018).

Menurut Agus pihak kepolisian biasanya mengatasi kecelakaan berdasarkan laporan warga dan temuan patroli di lapangan, dengan adanya rompi ini bisa membantu tugas aparat kepolisian.

"Rompi ini bisa melaporkan data secara langsung secara detail baik itu lokasi terakhir korban kemudian juga posisi jatuh korban, nama korban, plat nomor kendaran dan lainya," ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan data-data tersebut bisa diakses menggunakan sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut akan bisa terkoneksi selama ada jaringan atau sinyal.

Bahkan rompi tersebut juga dilengkapi dengan tombol panic di mana pengendara bisa mengigit tombol tersebut saat terjadi ancaman dan akan terhubung langsung dengan pihak kepolisian terdekat untuk langsung meluncur ke lokasi.

Rompi tersebut juga memiliki sensor untuk mengetahui kecepatan dan perlambatan laju kendaraan.

"Jadi kalau ada perubahan kecepatan atau perlambatan secara drastis itu bisa terpantau melalui aplikasi," jelasanya.

Dengan adanya rompi ini pihaknya berharap dapat juga membantu aparat kepolisian dalam melakukan rekapitulasi data karena alat ini memiliki data lengkap seperti nama alamat kerabat terdekat dan data lainya.

"Untuk penggunaannya nanti para pengguna akan diminta untuk mengisi formulir data diri sebelum menggunakan aplikasi tersebut sebagai rujukan dasar ketika mengalami kecelakaan," jelasnya.

Pihaknya menambahkan aplikasi tersebut sebetulnya bisa digunakan untuk setiap jenis kendaraan namun untuk sementara akan fokus pada kendaraan bermotor terlebih dahulu.    (Tito)

Berita Terkait