Mahasiswa UII Raih Hadiah Naik Haji, Setelah Juarai Musabaqah Hifdzil Qur’an dan Hadits Asia Pasifik

Jakarta, Beritainspiratif.com – Aldi Fahmi Mustofa Mahasiswa UII prodi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) angkatan 2018 menerima hadiah dan penghargaan istimewa yakni beribadah haji dengan biaya ditanggung oleh panitia penyelenggara, Setelah Aldi meraih Juara III pada ajang Musabaqah Hifdzil Qur’an dan Hadits Amir Sulthon bin Abdul Aziz se-ASEAN dan Pasifik tahun 2019.

Lomba yang diadakan di Jakarta pada 11-14 Maret 2019 ini merupakan yang ke-11 kalinya yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia bekerjasama dengan Duta Besar Saudi Arabia yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari 26 negara se-Asean dan Pasifik.

Mahasiswa asal Lampung ini menceritakan bagaimana perjuangannya dalam mengikuti lomba ini.

“Untuk mengikuti lomba hafalan Qur’an pasti harus mengulang-ulang hafalan lebih sering. Perjuangannya itu melawan rasa malas ketika harus mengulang hafalan. Terlebih saya juga menjalani rutinitas perkuliahan jadi harus pandai-pandai membagi waktu”, ungkapnya, yang dilansir laman UII.

Aldi juga mengisahkan tantangan lain yang dihadapinya saat mengikuti lomba ini yaitu mempersiapkan mental. “Kesulitannya di bagian mental karena tingkatnya se-Asean dan Pasifik. Selain itu, para dewan juri juga didatangkan langsung dari Imam Masjidil Haram sehingga peserta dituntut pintar mengendalikan emosi ketika tampil di panggung”, katanya.

Salah satu motivasinya dalam mengikuti lomba yakni dalam rangka mengoreksi atau mengukur sudah berapa persen tingkat hafalan dan kelancaran dalam menghafal Qur’an. Karena menurutnya, tidak semua penghafal dapat lancar dalam menghafalkan saat mengikuti lomba karena pasti harus memiliki mental yang kuat ketika harus diuji hafalannya di depan banyak orang. “Nah, dari situ kita bisa mengukur dan meningkatkan kualitas hapalan kita.”, terangnya.

Ini bukan merupakan pertama kalinya Aldi memenangkan lomba Hifdzil Quran. Ia juga pernah mendapatkan juara I kategori 20 juz golongan putra pada Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke XI tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia di Gedung Kementrian Agama, Jakarta pada tanggal 28-31 Januari 2019.

(Yanis)

Bagikan: