Mahasiswa Sastra Jepang Unpad Siti Nurasiah Raih Juara 1 Pidato Bahasa Jepang

Bandung, Beritainspiratif.com – Mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Siti Nurasiah, meraih Juara I pada kompetisi pidato bahasa Jepang “International Student Speech Contest in Japanese” yang digelar di Auditorium Yokkaichi University, Jepang, Sabtu, (12/1/2019).

Acara tersebut diikuti sejumlah mahasiswa dari berbagai negara yang sedang menjalani studi di Jepang. Nura sendiri merupakan mahasiswa Unpad peserta program Japanese Studies selama satu tahun di Mie University, yaitu mulai September 2018 hingga Agustus 2019.

“Acara speech contest ini adalah acara yang ke-15 kalinya diselenggarakan. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan bahasa Jepang mahasiswa asing,” ujar Nura saat dihubungi Senin (21/1/2019) lansir laman resmi Unpad.

Pada kompetisi tersebut, Nura mengangkat topik mengenai perjuangannya untuk meraih cita-cita. Dalam pidatonya Nura mengungkapkan usahanya untuk belajar bahasa Jepang hingga berhasil mendapatkan beasiswa untuk menjalankan studi di salah satu perguruan tinggi di Jepang.

“Saya mau berbagi dengan teman-teman yang lain tentang pengalaman saya belajar bahasa Jepang. Meskipun awal-awal saya merasa kesulitan belajar bahasa Jepang, tapi hingga saat ini saya bisa terus berjuang belajar bahasa Jepang demi impian saya,” ungkapnya.

Nura mengakui, mulanya ia tak menyangka akan menjuarai kompetisi tersebut karena melihat kompetensi mahasiswa asing lain yang dirasa lebih hebat darinya. Ia sendiri tertarik mengikuti kompetisi tersebut karena ingin meningkatkan kemampuannya berbicara bahasa Jepang. Selama proses latihan, Nura pun mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dosen Mie University dan Unpad.

“Saya berharap, semoga kemampuan bahasa Jepang saya bisa lebih meningkat lagi, dan ke depannya semoga bisa banyak berkontribusi dalam banyak kegiatan, bisa membanggakan Indonesia dan almamater saya,” pungkasnya.

Yanis

Bagikan: