Mahasiswa FK Unpad Annisa Dewi Nugrahani Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas



Bandung, Beritainspiratif.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran Annisa Dewi Nugrahani terpilih menjadi juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Universitas Padjadjaran tahun 2019. Atas perolehan tersebut, Annisa siap berkompetisi di ajang Pilmapres tingkat nasional.

Ketua Tim Juri Pilmapres Unpad 2019, Dr. Yus Nugraha mengatakan bahwa seleksi dilakukan dalam dua tahap. Seleksi tahap pertama yang dilakukan 13-14 Maret lalu diikuti 18 mahasiswa yang terdiri dari 16 mahasiswa Sarjana dan 2 mahasiswa Diploma dari seluruh fakultas.

Dari seleksi tahap pertama, terpilih tiga mahasiswa terbaik untuk mengikuti seleksi tahap II sekaligus pemantapan yang dilaksanakan di Unpad Training Center, akhir Maret lalu.

“Anda memang sudah terbaik sebetulnya sudah masuk di tingkat Unpad, hanya saja kami memang harus memilih,” ujar Dr. Yus saat pengumuman Pilmapres Unpad 2019 di Ruang Rapat Bersama, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (4/4/2019) yang dilansir laman resmi Unpad.

Untuk maju ke tingkat nasional, Annisa pun akan kembali mendapatkan pemantapan lanjutan dari tim juri Unpad. Menurut Yus, pemantapan lanjutan akan lebih mengarah ke aspek essential skills.

“Berikutnya, kami dari tim juri masih mempersiapkan untuk memberikan tambahan pemantapan bukan lagi soft skills tetapi ke aspek essential skills,” ujar Dr. Yus.

Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S. mengharapkan adanya dukungan dari seluruh pihak agar perwakilan Unpad dapat berprestasi di tingkat nasional. Dukungan diharapkan dapat membawa semangat Unpad bersatu.

“Semoga prestasi Unpad tahun ini menjadi lebih baik,” harap Prof. Wawan.

Selain pengumuman pemenang, acara tersebut juga diisi dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta Pilmapres tingkat Unpad. Mereka merupakan mahasiswa yang sudah terpilih pada penjaringan tingkat fakultas. Penyerahan sertifikat dilakukan oleh sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad.

Adapun komponen penilaian pada Pilmapres kali ini di antaranya berdasarkan karya tulis ilmiah, prestasi atau kemampuan yang diunggulkan, bahasa asing, dan Indeks Prestasi Kumulatif. Untuk karya ilmiah, Annisa mengangkat judul “Pengembangan Metode Diagnostik Tuberkulosis melalui Fitur Sensor Kolorimetri berbasis Nanopartikel Emal Terintegrasi mHealth”.

“Harapan saya disini saya dan rekan-rekan di Unpad dapat membawa nama Unpad jauh lebih baik lagi. Dan juga nama Unpad semakin berlanglang buana di dunia nasional maupun internasional,” harap Annisa.

Menjadi juara kedua Pilmapres Unpad tahun ini adalah Mohamad Desgia Adinadya Putra dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan juara ketiga yaitu Sarah Aurelia Saragih dari Fakultas Psikologi.

(Yanis)

Berita Terkait