M.Zohri Ditawarkan Menjadi Prajurit TNI AD



Beritainspiratif.com – Lalu Muhammad Zohri telah mengukir sejarah dan sukses meraih juara dunia lari 100 meter putra dalam turnamen 'IAAF World Championship U-20' di Finlandia.

Pemuda berusia 18 tahun tersebut yang berasal dari NTB tinggal di sebuah rumah yang sangat sederhana. Terbuat dari papan kayu dan anyaman bilik, bangunan rumah itu tampak tua dan rapuh.

Di balik prestasinya yang gemilang tersebut, telah mengundang keprihatinan dan empati sejumlah pihak.

Dilansir kumparan.com, beberapa pihak telah menyampaikan penawaran dan akan memberikan bantuan untuk membangun rumah Lalu M. Zohri, berikut nama-nama tersebut :

1. Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi, merespon prestasi yang diraih Zohri dan seluruh atlet-atlet dari beragam cabang olahraga lainnya, akan jadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

"Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga. Kaya kemarin badminton, itu modal (untuk) Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ucap Jokowi dikutip Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (12/7) malam.

Jokowi juga memberikan hadiah berupa renovasi rumah untuk Zohri yang yatim piatu. Dia telah menginstruksikan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok.

2. Pemkab Lombok Utara

Bupati Lombok Utara, H Najmul Ahyar, mengatakan pihaknya akan membantu memperbaiki rumah Zohri sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasinya.

Insyaallah akan kami wujudkan dalam bentuk kebijakan. Saya akan bicara dengan TAPD (tim anggaran pemerintah daerah), mungkin kaitan dengan rumahnya," kata Ahyar dilansir Antara, Kamis (12/7).

Tak hanya menghadiahkan renovasi rumah, Ahyar juga berkeinginan merekrut Zohri sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun keinginan tersebut terkendala aturan yang belum memberikan ruang sebagai bentuk kompensasi, bagi atlet yang meraih prestasi tingkat dunia.

Ahyar juga mempertimbangkan pembangunan lintasan atletik di lapangan Gondang, Lombok Utara, sebagai pusat latihan cabang olahraga lari. Diharapkan hal tersebut bisa memotivasi memunculkan atlet lari penerus Zohri.

3. Real Estate Indonesia (REI)

Mantan Menteri Perindustrian RI Kabinet Indonesia Bersatu ke-II, Mohamad Suleman Hidayat --Kerap disapa MS Hidayat. Ia menyebut, dirinya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk wujudkan rencana itu.

Real Estate Indonesia (REI) telah koordinasi juga dengan Pemda di sana, nanti juga dalam satu upacara akan disampaikan, dalam waktu beberapa hari ke depan, mereka sudah koordinasi dengan KONI juga," kata MS Hidayat pada Kamis (12/7).

Untuk selanjutnya, ketum REI yang sekarang sudah ada kordinasi dengan KONI. Saya kira juga dengan Pemda sudah ada koordinasi juga, namun belum ada tanggal lebih rinci kapan dan di mana akan diserahkannya," tuturnya.

4. Mendagri Tjahjo Kumolo

Ia telah memerintahkan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dan para pejabat terkait untuk mengecek langsung di rumahnya, yang beralamat di Desa Pemenang Barat, Lombok Utara.

Saya tergerak membantu memugar rumah untuk Zohri. Ini bentuk apresiasi atas prestasinya yang telah membanggakan bangsa Indonesia," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Kamis (12/7).

Tjahjo berharap pemugaran rumah Zohri bisa dilakukan secepatnya dan targetnya dapat selesai dalam waktu satu minggu.

5. TNI AD

Prajurit TNI yang bertugas di Lombok Utara mendatangi rumah Zohri, tak lama setelah tahu tempat tinggal sprinter juara dunia itu berada dalam kawasan tugas mereka. Kunjungan prajurit TNI ke rumah Zohri dipimpin Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Tiba di rumah Zohri pada Kamis (12/7) sekitar 20.00 WIB, Ahmad dan rombongan disambut kakak laki-laki dan kakak perempuan pemuda berusia 18 tahun itu. Selama berada di bangunan berdinding papan kayu itu, Ahmad sempat berbincang dengan kedua kakak Zohri.

Ia lalu berkeliling melihat beberapa bagian rumah Zohri sambil diperlihatkan koleksi medali yang pernah diraih Zohri. Setelah berkeliling, Ahmad pun menawarkan bantuannya untuk merenovasi rumah tersebut.

Ahmad juga menawarkan Zohri untuk menjadi prajurit TNI AD. "Memprioritaskan untuk menjadi prajurit TNI AD," ucapnya.

Tawaran tersebut disambut baik kedua kakak Zohri. Mereka bersedia rumahnya diperbaiki, keduanya juga tidak keberatan jika adiknya menjadi prajurit TNI AD.

Yanis

Berita Terkait