LVRI Jadi Tamu Kehormatan  Peringatan BLA



Bandung, Beritainspiratif.com - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung akan menjadi tamu kehormatan pada acara Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret 2018.

Selain itu juga diundang, Dewan Harian Cabang (DHC) ’45, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Karang Taruna, pelajar, Pramuka, dan para pejabat di lingkungan Pemkot Bandung.

Sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung setiap tahun memperingati peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa yang terjadi pada 24 Maret 1946 itu merupakan tonggak sejarah yang dibangun oleh warga Bandung demi membela tanah air.

Baca Juga:Hut-veteran-ketua-lvri-bandung-sekarang-berjuang-musuh-tidak-kelihatan

Mengutip berita pada laman Pikiran Rakyat, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Aswin Sulaeman menuturkan, Pemkot Bandung telah menyiapkan serangkaian acara untuk memperingati Bandung Lautan Api (BLA). Pada Bandung Menjawab yang dilaksanakan di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis, 22 Maret 2018 kemarin, Aswin menyebutkan rangkaian akan dimulai dengan ziarah ke makam pahlawan.

“Pada Jumat, 23 Maret 2018 pagi, kami akan mulai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Cikutra. Kami undang seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan untuk bersama-sama ziarah dimulai pukul 07.30 WIB,” tutur Aswin.

Tak hanya itu, setiap tahun juga digelar pawai obor untuk memperingati pembumihangusan Bandung kala itu. Api yang diarak dari Tegalega ke Balai Kota Bandung menyimbolkan perjuangan dan api yang meluluhlantakkan Kota Bandung.

“Dari Tegalega sampai Balai Kota akan ada sekitar 5.000 orang yang akan berjalan pawai. Start-nya mulai pukul 19.00 WIB, finish di Plaza Balai Kota,” ungkapnya.

Rute-rute yang akan dilalui pada pawai obor antara lain Taman Tegalega, Jalan Moh. Toha, Jalan Dewi Sartika, Jalan Dalem Kaum, Alun-alun Timur, Jalan Asia Afrika, Jalan ABC (banceuy), Jalan Cikapundung, Jalan Braga, Jalan Viaduct, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Wastukancana, dan berakhir di Plaza Balai Kota Bandung.

“Di Balai Kota nanti akan ada penyulutan api utama oleh Pj. Wali Kota Bandung,” katanya.

Keesokan harinya, tepat pada 24 Maret, Pemkot Bandung akan menggelar Upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Plaza Balai Kota Bandung. Upacara itu juga akan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bandung. (Kaka)

Berita Terkait