Lurah Sukamiskin Harapkan Karang Taruna Peka Terhadap Masalah Sosial dan PMKS

Bandung, Beritainspiratif.com – Karang Taruna Nata Mandiri Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, dalam rangka hari jadinya yang ke-59 tanggal 26 September 2019, menggelar panggung acara ‘Bulan Bhakti Karang Taruna’ yang bertajuk ‘Light Concert’ berlangsung di halaman Kantor Kelurahan Sukamiskin Kec.Arcamanik Kota Bandung, Sabtu, (28/9/2019).

Dalam acara ini hadir antara lain Lurah Sukamiskin beserta pejabat/staf Kelurahan, Babinkamtibmas, Babinsa, PKK, LPM, Ketua RW 1 – 17, Karang Taruna Kelurahan Sukamiskin, dan Karang Taruna dari Kelurahan yang ada di Kecamatan Arcamanik serta warga masyarakat lainnya.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Karang Taruna Nata Mandiri Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, Agung Pujawilaksana.

“Terima kasih atas partisipasi dan kehadiran seluruh Karang Taruna dan aparat pemerintah serta dukungan kepada Karang Taruna Sukamiskin terutama seluruh warga Kelurahan Sukamiskin,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Sukamiskin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang terlibat dalam pembangunan sehingga Kelurahan Sukamiskin Juara. Dan terakhir kemarin, Jumat, (27/9/2019) tercatat Kadarkum Sukamiskin mewakili Kota Bandung berhasil menjadi Juara 3 Tingkat Provinsi.

Sambutan Lurah Sukamiskin Farida Agustini, S.Pd., MM.

Lurah Sukamiskin pun merasa bangga dengan keberadaan Karang Taruna Nata Mandiri Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung.

“Kami bangga atas keberadaan Karang Taruna Nata Mandiri, inilah generasi penerus bangsa, bekerja keras, cerdas dan agamis,” ungkap Lurah Sukamiskin.

Dipesankan juga kepada Karang Taruna adalah organisasi sosial, sehingga terkait kegiatan PMKS atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, hendaknya Karang Taruna juga terlibat di dalamnya.

“Karang Taruna merupakan pekerja sosial, sehingga harus peka terhadap masalah sosial, dan peduli terhadap PMKS, Siap menjadi pekerja sosial ..….. (ajak Lurah), dijawab siap oleh seluruh Karang Taruna,” tegas Lurah Sukamiskin.

Lurah Sukamiskin juga berpesan kepada Karang Taruna untuk selalu kreatif dan senantiasa melakukan kegiatan yang positif.

“Ayeuna Karang Taruna Teu Usum Mabok-mabokan, Teu Usum nongkrong, bertato. Sukamiskin pun saat ini tengah menuju Kawasan Bebas Rokok, dan telah menyiapkan ruangan terpisah untuk itu”, tegas Farida.

Diakhir kata Lurah Sukamiskin mengingatkan seluruh warga Keluraha ton Sukamiskin jangan lupa, untuk selalu menerapkan Kang Pisman di wilayahnya, tutur Farida.

Disela sebelum acara dimulai Beritainspiratif.com berkesempatan melakukan wawancara langsung dengan Ketua Karang Taruna Nata Mandiri Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, Agung Pujawilaksana, Sabtu, (28/9/2019).

“Acara malam ini diisi dengan sambutan, tari-tarian yang akan menampilkan kreatifitas dari masing-masing RW, dan hiburan band,” ujar Agung.

Disampaikan bahwa pada tahun ini bulan bhakti yang telah dilaksanakan oleh Karang Taruna Nata Mandiri berupa membantu kegiatan di bidang kepanitiaan HUT RI 17 Agustus 2019.

“Di Sukamiskin yang terdiri dari 17 RW, karena adanya keterbatasan anggota, kita hanya membantu kepanitiaan di 3 RW saja,” ujar Agung.

Ditanyakan terkait bulan bakti yang telah dilaksanakan di masyarakat, misalnya memberikan sumbangan atau bantuan sosial, panti asuhan atau jompo dan lainnya di Sukamiskin, belum dapat terlaksana, dan akan di programkan pada kepengurusan berikutnya, ungkapnya.

“Sebetulnya kami menginginkan kegiatan yang demikian, namun kami belum menyentuh kepada program kerja PMKS atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial,” ucapnya.

Dikatakan dari hasil monitoring evaluasi karang taruna dari 151 Kelurahan yang ada di Kota Bandung , mayoritas Karang Taruna Kelurahan mendapatkan nilai point C.

“Hal ini karena teman-teman Karang Taruna di seluruh Kelurahan jarang yang ada menggarap PMKS”, katanya.

Pada saat ini jabatan Agung di Karang Taruna Sukamiskin akan berakhir, dan juga merangkap Plt.Karang Taruna Kecamatan Arcamanik.

Kedepan Karang Taruna yang ada di 17 RW akan diberdayakan secara optimal untuk fokus meningkatkan kegiatan yang mendukung PMKS. Hal ini tentunya nanti akan diminta arahan dari Ketua RW, mengenai bentuk yang pas yang dapat dilakukan di lapangan, ungkapnya.

Tentang Karang Taruna

Karang taruna sebagaimana tercantum adalam Peraturan Menteri Sosial RI No. 83/HUK/2005 adalah organisasi sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Karang Taruna diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat pada umumnya.

Tugas pokok karang taruna adalah bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitative, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya. (Yanis)

Bagikan: