Luncurkan KA Galunggung, KAI Gratiskan Tiket Satu Bulan



Bandung, Beritainspiratif.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Galunggung, relasi Kiaracondong - Tasikmalaya (PP).

KA ekonomi ini terdiri atas enam unit kereta berkapasitas 636 tempat duduk, dengan waktu tempuh 3 jam 20 menit.

"Peluncuran KA Galunggung, juga untuk mendukung sarana angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Dengan hadirnya KA ini, kami harapkan dapat menjadi salah satu alternatif transportasi bagi masyarakat," kata Dirut PT KAI Edi Sukmoro pada launching KA Galunggung di stasiun Kiaracondong Bandung, Rabu (26/12/2018).

Menurut Edi Sukmoro, pemberian nama Galunggung pada kereta, diambil dari nama gunung berapi aktif yang ada di Tasikmalaya.

"Kami harapkan, dengan diluncurkannya KA ekonomi tersebut, dapat meningkatkan kunjungan ke obyek wisata kawah Galunggung dan pemandian air panas Galunggung," ujarnya.

Dikatakan dia, selama satu bulan mulai 26 Desember 2018 sampai 25 Januari 2019, masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan KA Galunggung secara gratis.

Setelah habis masa tiket gratis, akan dikenakan tarif jarak jauh Rp35.000 dan tarif parsial Rp25.000.

"Meski gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket, yang dipesan tujuh hari sebelum keberangkatan di loket stasiun lintas dengan membawa kartu identitas," paparnya.

KA Galunggung berangkat dari stasiun Kiaracondong pukul 06.16, melintasi dan berhenti di delapan stasiun yaitu Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy dan stasiun Ciawi.

Sebaliknya dari Tasikmalaya, berangkat pukul 10.35 namun hanya berhenti di 7 stasiun yaitu Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy,Cibatu, Leles, Cicalengka dan Rancaekek dan berahir di stasiun Kiaracondong.

(Ida)

Berita Terkait