Lontong Sayur Garasi Cianjur, Rasa Khas Santan Rempah dan Tahu Putih yang Nikmat



Cianjur, Beritainspiratif.com - Cianjur selain memiliki banyak pilihan tempat wisata, Cianjur juga memiliki beragam wisata kuliner yang nikmat untuk dibawa pulang sebagai bingkisan, sebut saja geco, laksa, tauco, manisan dan asinan buah, mochi hingga beras Cianjur.

Selain oleh oleh khas Cianjur tersebut, di Cianjur juga terdapat kuliner yang sudah terkenal yakni Lontong Garasi (lontong sayur).

Baca Juga:Disbudpar-kota-bandung-terus-gali-potensi-ekonomi-kreatif

Dalam suatu acara sillaturahmi menyambut tahun baru islam 1442 H, pada 20 Agustus 2020, yang digelar alumni SMKN Ciajur 1981-1982 kami datang langsung dari Bandung ke Cianjur, dengan niat sarapan  Lontong Garasi dulu yang sudah terkenal sejak zaman kami SMA.

Menikmati sarapan Lontong Garasi selalu dilakukan, saat ada kesempatan acara sillaturahmi ke Cianjur.

Kenapa disebut Lontong Garasi

Hasan (68 tahun) sang pemilik, yang diungkapkan anaknya, sudah berdagang lontong sayur sejak tahun 1980 yang lalu semula berlokasi didepan garasi.

“Bermula dari berdagang lontong sayur, sejak tahun 1980 lalu, tempat berjualan kami ada di bangunan garasi, saat itu masih menggunakan jualannya dengan gerobak, sehingga kami lebih dikenal dengan sebutan lontong garasi”ungkapnya.

Baca Juga:Alumni-smean-cianjur-81-82-gelar-sillaturahmi-sambut-tahun-baru-1442-h

Sejak Oktober 2015 kami pindah lokasi diseberang kios lama, menempati yang luas dan nyaman.

“Kini tempat yang baru lebih luas, berlokasi diseberang jalan dari kios lama, pindah pada Oktober tahun 2015, dengan nama Lontong Garasi,” jelasnya.

Alamat lontong garasi berada di kawasan wisata kuliner sinar Kota Cianjur, di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Sayang Kabupaten Cianjur Jawa Barat, seputaran Stasiun Kereta Cianjur.

Lontong Garasi, yang menjadi kenikmatan bagi pencintanya adalah kuah santan yang kental dicampur dengan bumbu rempah. Sedangkan isinya  terdiri dari irisan lontong yang nikmat, dengan ditaruh irisan tahu putih, lalu dikasih krupuk (putih dan kuning) dan ditaburi bawang goreng. Selain itu ditambah juga kecap khas yang lezat, serta telur ayam rebus.

Tonton: Video Liputan Lontong Garasi Cianjur yang lezat

Rasa khas yang menjadi nikmatnya lontong garasi adalah perpaduan antara kuah santan dengan tahu putih, yang terasa lezat sensasinya dilidah, serta ditambahkan kecap yang berselera.

Harga sepiring lontong garasi terdiri dari 2 macam:

Istimewa: Porsi besar Rp15 ribu dan porsi kecil Rp13 ribu

Spesial: Porsi besar Rp16 ribu dan porsi kecil Rp14 ribu

Lontong garasi paling pas dimakan pada waktu sarapan pagi atau sore hari.

Penasaran…! Coba Dehhh…

Yanis

Berita Terkait