Legislatif Dorong Jabar Lakukan Inovasi Perkebunan



Bandung, Beritainspiratif.com - Jawa Barat terkenal dengan hasil perkebunan yang melimpah. Banyak hasil perkebunan unggulan berasal dari tanah Parahyangan seperti komoditas Teh, karet dan kopi.

Berdasarkan sejarah, teh berasal dari Jawa Barat. Jawa Barat juga penghasil Kopi.

Komoditas Kopi yang saat ini sedang gencar dikembangkan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat, merupakan Kopi terbaik di dunia.

Anggota DPRD Jawa Barat R. Eka Yuniar Perwira mengatakan, untuk mendorong percepatan pengembangan sektor perkebunan, dibutuhkan inovasi baru.

Dengan inovasi baru, komoditas unggulan perkebunan dari Jawa Barat dapat bersaing di pasar global.

"Kami mendorong inovasi untuk mengembangkan perkebunan, agar produk Jawa Barat mampu bersaing dengan hasil perkebunan negara lain," kata Yunandar saat menghadiri Peringatan Hari Perkebunan ke 61 tahun 2018 tingkat nasional, di halaman gedung sate kota Bandung, Sabtu (8/12/2018).

Hal senada disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzanul Ulum.

Dia mengatakan, dalam lima tahun kedepan Pemda Provinsi Jawa Barat akan mengembangkan sektor perkebunan.

Salah satunya melalui program unggulan, yaitu program Satu Desa Satu Perusahaan dan Satu Pesantren Satu Produk, akan memanfaatkan hasil perkebunan serta lahan kosong.

“Di dalam (program Satu Desa Satu Perusahaan dan Satu Pesantren Satu Produk), ada pemanfaatan hasil perkebunan,” tuturnya.

Berita Terkait