Lebaran, BI Cirebon Siapkan Uang Baru Rp 5,5 Triliun

Cirebon, Beritainspiratif.com – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon menyiapkan Rp 5,59 triliun untuk penukaran uang baru pada Lebaran tahun ini.

Jumlah itu naik 86,6 persen dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 2,6 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BI Cirebon, Abdul Majid Ikram mengatakan, tahun ini memang ada kenaikan dibanding jumlah yang disediakan tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah yang menambah libur Lebaran.

Ada pula kebijakan memberikan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan serta event pemilihan kepala daerah (pilkada).

”Makanya tahun ini jumlahnya ditambah dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikannya 86,6 persen,” ujar Majid, Selasa (22/5).

Kebutuhan sebesar Rp 5,59 triliun tersebut terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) untuk kebutuhan ATM di wilayah Ciayumajakuning dan Subang Pamanukan (sekitar 1.102 ATM ) di Ramadhan dan Idul Fitri sebesar Rp5,01 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) untuk penukaran masyarakat sebesar Rp0,5 triliun.

Lanjut Majid, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya bahwa masyarakat ternyata lebih menyukai pecahan Rp5.000 an untuk itu di tahun 2018 terjadi peningkatan jumlah uang pecahan Rp5.000 an tersebut dari Rp87 miliar di tahun 2017 menjadi Rp135 miliar di tahun 2018
atau mengalami peningkatan sebesar 55 persen.

(Yones)

Bagikan: