Launching ‘West Java Calendar of Event 2020’ Tahun Ini Jabar Akan Gelar 167 Festival

Bandung, Beritainspiratif.com – Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani menyatakan, seluruh kegiatan pariwisata yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia kedepannya akan meningkatkan Quality Tourism yaitu produk quality dari destinasi.

“Jika kita ingin mendapatkan wisatawan yang berkualitas, maka destinasi pariwisata juga perlu dibenahi.

“Jawa Barat memiliki kualitas produk sangat bagus, baik dari segi sarana dan prasarana maupun sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Ketersediaan atraksi wisata juga cukup banyak, termasuk eventnya,” kata Rizki pada Launching West Java Calendar of Event di Bandung, Rabu (22/1/ 2020).

Rizki mengungkapkan, guna mendukung program quality tourism tersebut, pihaknya akan mempromosikan produk pariwisata bukan hanya destinasinya.

“Selama ini nasional mempromosikan destinasi Jabar, tapi belum bicara mengenai adventure tourism atau eco tourism di Jabar. Nah kedepan, yang akan kita promosikan adalah produknya,” ujar Rizki.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tahun 2020 ini akan diselenggarakan 167 festival berbasis 3C yakni Creativity, Commercial dan CoE Committe.

Festival yang akan diselenggarakan cukup banyak dari berbagai ragam seperti musik, kuliner, budaya, olahraga, fashion, tradisi, religius dll.

“Dari 167 festival tersebut diperkirakan memberi kontribusi triliunan rupiah terhadap perputaran ekonomi pariwisata,” ujarnya.

Menurut Emil sapaan Ridwan Kamil, ekonomi pariwisata merupakan ekonomi kebahagiaan. Jadi orang mau mengeluarkan uang untuk mencari kegembiraan dan kebahagiaan.

Pariwisata juga memberikan nilai tambah pada ekonomi suatu daerah. Karena itu ia berharap semua kalangan bisa ikut merasakan kemeriahannya.

“Kami tidak men-target event ini untuk internasional atau bukan. Yang penting everybody happy, seraya menambahkan event tahun ini bisa sukses dan menjadikan Jawa Barat juara lahir dan bathin,” pungkasnya.

(Ida)

Bagikan: