Launching Perpustakaan Digital, Kota Malang Pecahkan Rekor MURI Membaca Via HP Terbanyak

Beritainspiratif.com – Kota Malang cetak rekor melalui kegiatan membaca pada  handphone dengan peserta terbanyak hingga mencapai 2.929 orang. Peserta baca tersebut terdiri dari pelajar dan anggota TNI-Polri, digelar  di depan Balai Kota Malang, Kamis (12/12/2019).

Eksekutif Manajer Museum Rekor Indonesia (MURI) Sri Widayati mengatakan ini merupakan hal unik dan baru, sehingga masuk dalam museum rekor Indonesia. 

“Ini masuk kategori paling yaitu membaca melalui gawai dengan peserta terbanyak, sehingga kita catat di MURI sebagai rekor ke 9.357 ya,” ungkapnya.

Pemecahan rekor ini, kata Widayati, sekaligus memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Yayasan Lembaga Pendidikan dan Pengetahuan Masyarakat Republik Indonesia (LPPM RI) lewat acara Edukasi Literasi digital menggunakan aplikasi Smart Library di gawai 10 November 2018 lalu.

“Waktu itu ada 1140 peserta yang berasal dari pelajar dan guru 8 SMK yang ada di Jawa Barat. Kita lebih melihat jumlah, minimal syaratnya melebihi 10 persen dari rekor lama. Ini sudah lebih dari 10 persen,” tegasnya.

Adapun dalam pemecahan rekor tersebut berbarengan dengan launching aplikasi digital perpustakaan digital yang diberi nama “Malang Cillin Digital Akses” yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan dengan hadirnya aplikasi perpustakaan digital tersebut diharapkan literasi melalui gawai dapat meningkat.

“Jangan sampai literasi kita tinggi karena membaca chat WhatsApp saja. Toolnya itu kita kuatkan pakai gawai ini supaya daya baca masyarakat Kota Malang semakin meningkat,” katanya.

Senada dengan Sutiaji, Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Suwarjana mengatakan dengan adanya aplikasi perpustakaan digital ini ia berharap budaya literasi digital di Kota Malang semakin tinggi.

“Makanya kita budayakan membaca di gawai, yang biasanya masyarakat kita menggunakan gawai hanya untuk membaca Whatsapp. Ke depan aplikasi ini bisa difungsikan dengan baik,” katanya.

Aplikasi perpustakaan digital tersebut bisa download di playstore gawai masing-masing, Total ada sekitar 2.132 lebih judul buku yang sudah terdigitalisasi dan bisa dibaca secara gratis dengan format PDF.

Yanis

Bagikan: