Lahir Diatas Kapal, Sang Kapten Beri Nama Bayi Ini Dengan Nama Kapalnya



Jambi, Beritainspiratif.com - Kapal feri  atau  kapal penyeberangan  adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat. Misalnya penyeberangan di Selat Sunda antara Merak (Pulau Jawa) denga Tanjung Karang (Pulau Sumatera); penyebrangan dari Surabaya ke Madura, dari Banyuwangi ke Bali, dan sebagainya.

Sebuah KMP bernama ‘Satria Pratama’ yang tengah melakukan perjalanan penyeberangan dari Batam menuju Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Jambi, di fajar pagi, dipecahkan dengan suara tangisan bayi, yang terjadi pada Kamis (27/2/2020) sekitar pukul 04.15 WIB.

Seorang bayi laki-laki telah lahir di atas Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Satria Pratama, yang merupakan buah hati pasangan Irama dan Novi Amandasari yang tengah berbahagia.

Pasangan Irama dan Novi sedianya hendak pulang ke kampung halaman Novi. Mereka memutuskan pergi melalui jalur laut dengan KMP Satria Pratama.

"Tujuannya hendak pulang kampung ke Palembang, kampung halaman istri," ujar Irama, ayah sang bayi.

Baca Juga:Tiket-kapal-ferry-di-4-pelabuhan-penyeberangan-bisa-dibeli-online-via-ponsel

KMP Satria Pratama tengah menempuh perjalanan dari Pelabuhan Telaga Punggur, Batam menuju Pelabuhan Roro Kuala Tungkal saat istrinya tiba-tiba merasakan kontraksi.

Irama mengaku, dirinya sangat panik saat itu.

"Enggak disangka, Allah berkehendak lain, (istri) melahirkan di kapal. Waktu mau melahirkan prosesnya dibantu ibu Hj Ndut," kata dia. Keduanya mengucap syukur lantaran bayi mereka lahir selamat.

Setelah kapal bersandar di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Jambi, ibu dan bayi dibawa ke RSU KH Daud Arif Kuala Tungkal, Jambi untuk dilakukan pemeriksaan medis dan  keduanya dinyatakan sehat.

Menurut Irama, nama tersebut merupakan saran dari sang kapten kapal.

"Kapten kapal menyarankan diberi nama Fajar Satria Pratama," ungkap ayah bayi tersebut dikutip dari Kompas.com.

Nama itu tak lepas dari nama kapal yang membawa mereka saat  lahir di tengah samudra, KMP Satria Pratama.

Kata Fajar dipakai lantaran bayi mereka lahir di pagi hari.

Satria, lanjut sang ayah, dekat dengan makna laki-laki dan kekuatan.

Sedangkan Pratama, berarti anak pertama. "Cocok menurut saya, saya setuju kalau dikasih nama Fajar Satria Pratama," kata sang ayah.

Hadiah Gratis

Setelah lahir ke dunia, bayi tersebut langsung mendapatkan hadiah pertamanya. Kapten Kapal KMP Satria Pratama Surya Mukthar mengatakan, si bayi mendapatkan fasilitas gratis naik kapal seumur hidupnya.

Hadiah ini diberikan oleh PT. Jembatan Nusantara, perusahaan yang menaungi perkapalan.

"Gratis naik kapal seumur hidup di lintasan atau jurusan Kuala Tungkal- Batam maupun sebaliknya," kata dia.

Tak hanya itu, pihak perusahaan memberikan potongan harga seumur hidup bagi si bayi.

"Sedangkan untuk lintasan lain seperti Merak-Bakauheni, Surabaya-Kalimantan dan lain sebagainya, bayi ini akan mendapatkan diskon seumur hidup," kata kapten kapal.

Kemudian, mereka juga memberikan sumbangan dan bantuan untuk bayi Fajar Satria Pratama. Hadiah diberikan oleh manajemen sebagai apresiasi dan ucapan selamat atas kelahiran bayi laki-laki itu. (*)

Berita Terkait