Laboratorium Syifa Al Qulub, Tangani ADD dengan Metode Islami



Bandung, Beritainspiratif.com - Persoalan Anak Dengan Disabilitas (ADD) tentu sudah sering kita jumpai, namun masih sedikit orang yang mengerti bagaimana menangani ADD. Kepala laboratorium psikoterapi Syifa Al Qulub, Dr Yulianti mengatakan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangani ADD salah satunya dengan metode psikoterapi Islam.

"Prinsipnya, dari tim laboratorium Syifa Al Qulub sudah kita riset tentang treatment ADD, itu caranya ada tiga bisa melalui dzikir, kemudian Alquran baik diperdengarkan atau dibaca sendiri, dan pemaknaan hidup," kata Dr Yulianti.

Lebih lanjut, Yulianti menjelaskan, mengenai pemaknaan hidup itu banyak caranya bisa melalui seni bisa melalui humor, silaturahmi, atau juga dialog-dialog yang menggugah.

"Intinya bagaimana caranya kita bisa menjadi bahagia dengan memaknai hidup kita sendiri, bagaimana kita bisa memaknai kehidupan ini dengan teknik-teknik tertentu dengan teknik pemaknaan itulah hidup jadi sehat," ungkapnya.

Yulianti mengingatkan, yang tak kalah penting adalah para relawan yang membina atau orang tua yang mendidik ADD harus menumbuhkan rasa ikhlas dan rela karena itu berpengaruh terhadap para ADD itu sendiri.

"Jadi rasa spiritual, rasa ikhlas, harus hadir dalam setiap individu yang membimbing ADD itu sendiri,"ujarnya. (Tito)

Berita Terkait