Kylian Mbappe Pemain Muda Terbaik Setelah Pele



Beritainspiratif.com – Kylian Mbappe sebenarnya sedikit berbeda dengan Pele. Pele yang kala itu masih berusia 17 tahun dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento, pada Piala Dunia 1958 yang berlangsung di Swedia tersebut menjadi panggung untuk menunjukkan dirinya pada dunia, sedangkan Kylian Mbappe di Piala Dunia 2018 sebelumnya telah dikenal sejak di Monaco dahulu.

Ajang Piala Dunia memang kerap menjadi ajang kemunculan seorang pemain muda baru. Sejak dulu, banyak pemain muda yang menyeruak ke permukaan lewat ajang ini.

Meski minim pengalaman, dan hanya berbekal kemampuan skill individu yang mumpuni Pele mampu memamerkannya kepada dunia. Soal catatan gol, dia memang kalah dari Just Fontaine yang sukses membukukan 13 gol (Pele cuma mencetak 6 gol). Namun, aksinya sepanjang turnamen, terutama ketika fase gugur, memikat perhatian publik.

Pada laga melawan Wales di babak 16 besar, Pele berhasil mencetak gol kemenangan untuk Brasil. Di babak semifinal, trigol yang dia torehkan membawa Brasil mengalahkan Prancis dengan skor 5-2. Di babak final, dua gol yang dia torehkan membawa Brasil menundukkan tuan rumah Swedia. Pele bermain apik, Brasil mendapatkan gelar juara dunia pertama mereka.

Namun di ajang Piala Dunia 2018, ada remaja lain yang juga sukses menarik perhatian dunia. Dia adalah Kylian Mbappe.

Berbeda dengan Pele, Mbappe sudah lebih dulu dikenal lewat penampilan apiknya bersama AS Monaco pada musim 2016/2017. Namanya semakin menarik perhatian ketika memutuskan untuk membela Paris Saint-Germain pada musim 2017/2018. Bersama Neymar dan Edinson Cavani, ketiganya membentuk trio lini serang paling menakutkan di Prancis.

Mbappe membutuhkan tantangan dan panggung besar untuk menunjukkan bahwa dia memang benar adalah pemain muda potensial, hal itu ditunjukkannya di ajang Piala Dunia 2018.

Meski hanya menorehkan 4 gol sepanjang Piala Dunia 2018, namun dia berkontribusi cukup besar dalam penyerangan Timnas Prancis. Bersama Olivier Giroud dan Antoine Griezmann, dan menjadikan lini depan Perancis menjadi hidup.

Penampilan apik Mbappe di Piala Dunia 2018 ini berbuah rekor. Setelah menjadi pemain kedua setelah Pele yang sukses mencetak dua gol dalam laga fase gugur, Mbappe kembali menyamai rekor Pele dengan menjadi pemain termuda kedua setelah Pele yang sukses mencetak gol di partai final Piala Dunia.

Hanya dilakukannya pada usia yang berbeda, Pele berada pada usia 17 tahun 8 bulan, Mbappe di usia 19 tahun 6 bulan. Meski berbeda, tetap saja prestasi ini merupakan sesuatu yang membanggakan dan diapresiasi langsung dari Pele sendiri kepada Mbappe.

“Selamat datang di klub (pencetak gol remaja di Piala Dunia) ini. Jika Kylian terus-terusan menyamai rekorku, rasanya aku harus mulai membersihkan debu dari sepatuku," tulis Pele di akun Twitter-nya.

Atas penampilan apiknya sepanjang Piala Dunia 2018, Mbappe pun mendapatkan gelar sebagai Pemain Muda Terbaik kedua setelah Pele.

Yanis

Sumber : kumparan.com

Berita Terkait