Kyai Buntet Minta Cabup Maman Tetap Amanah

Majalengka, Beritainspiratif.com – Calon Bupati Majalengka, Mamam Imanulhaq, mendapat pesan dari para kyai Buntet untuk tetap amanah. Pesan itu ia terima ketika menghadiri haul Buntet Pesantren, di Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Cirebon, Sabtu malam (7/4).

“Para kyai Buntet, tahu saya maju dalam Pilkada Majalegka. Mereka berpesan agar saya rendah hati dan tetap amanah,” kata calon bupati nomor urut 1 itu.

Maman Imanulhaq menuturkan, sesibuk apapun setiap tahun dirinya selalu berusaha untuk menghadiri haul Buntet Pesantren. Kamis malam kemarin, misalnya, Ia sengaja ‘menggeser’ agenda yang sudah terjadwal, untuk datang ke pesantren tertua di Indonesia itu.

“Buntet adalah tempat penuh berkah yang melahirkan ulama pencerah, pejuang kemerdekaan, mubalig kharismatik dan ahli hikmah pemberi solusi persoalan masyarakat,” ujar Kang Maman, sapaan akrabnya.

Menurut Kang Maman dirinya punya hubungan emosi yang sangat dekat dengan Pesantren Buntet.

 

Itulah yang membuatnya sampai menangis ketika Kamis petang kemarin sholat magrib berjamaah di masjid Buntet yang disebutnya legendaris.

“Di beberapa sudut masjid itu saya punya kenangan indah dengan beberapa kyai kharismatik, salah satunya Kyai Abdulah Syifa,” kata pengasuh Pondok Prsantren Al Mizan, Jatiwangi itu.

Kang Maman juga menuturkan, dirinya terus berupaya menjaga tali silaturahmi dengan para sesepuh dan pengasuh Buntet Pesantren.

“Setiap kali saya bersilaturahmi dengan Kyai Hasan Kiryani, Kyai Adib, Kang Ayip Abbas, Kang Wawan Arwani, Teh Isma Abbas dan para guru di sana, saya mendapat kisah penuh hikmah, sudut pandang baru dari sebuah realita dan humor segar khas pesantren,” ujarnya.  (Yones)

Bagikan: