Kusmana Dilantik Sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Gantikan Sukaryo Teguh

Bandung, Beritainspiratif.com – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mewakili Gubernur melantik Kusmana sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar, di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat (14/2/2020).

Kusmana yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Kalimantan Barat, menggantikan posisi Sukaryo Teguh Santoso yang kini mendapat kepercayaan sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

Dalam sambutannya Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan gerakan yang dilakukan BKKBN, dapat menyentuh masyarakat hingga yang ada di lapisan bawah.

“Jangan hanya mengadakan kegiatan di tingkat kabupaten/ kota saja, hanya dengan ibu-ibu pejabat, tapi harus menyentuh masyarakat yang ada di lapisan bawah, agar sadar dan paham akan program BKKBN,” ujarnya.

Bila masyarakat sudah sadar dan paham lanjut Uu, mereka tidak perlu dipaksa dalam melaksanakan apa yang diharapkan BKKBN.

Demikian pula dalam penyampaian program ke masyarakat, Uu mengusulkan BKKBN bekerjasama dengan para ajengan dan kiyai, karena sekarang ini masih ada stigma bahwa dengan ikut KB berarti membunuh anak dsb.

“Ulama bisa menerangkan, kalau kita ber KB dan memiliki anak sedikit bukan berarti takut dikasih rezeki. Dalam Al Qur’an, ada ayat bahwa kita harus takut menurunkan, memberi keturunan yang lemah, yakni lemah ekonomi, lemah pengetahuan, lemah aqidah dan lainnya, maka harus berencana. Dan itu harus dijelaskan oleh para ulama dan kiyai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat yang baru, Kusmana mengatakan Jawa Barat memiliki banyak tantangan dan peluang, yang harus dikelola dengan baik agar memberikan kontribusi yang positif terhadap keberhasilan ditingkat nasional.

“Sebab itu program-program yang telah dirancang oleh pendahulu saya, yang sudah bagus akan saya lanjutkan, sambil memperbaiki beberapa hal yang belum sempurna sampai menuju satu titik yaitu keberhasilan Jabar Juara,” tutur Kusmana.

(Ida)

Bagikan: