Kurangi Sampah Plastik, Pemerintah Ajak Masyarakat Pakai Tumbler



Jakarta, Beritainspiratif.com - Secara serentak pemerintah melalui Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan aktivasi gerakan 1 Juta Tumbler di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Hari Minggu (28/7/2019).

Gerakan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan car free day ini diikuti oleh sekitar 1500 orang dari berbagai kalangan dan dihadiri pula oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin, Sekjen Kominfo Rosarita Niken Widiastuti dan Dirjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK Rosa  Vivien Ratnawati.

Deputi Safri saat memberikan sambutan mengatakan bahwa aktivasi gerakan ini merupakan bagian dari program pemerintah yakni Gerakan Indonesia Bersih yang telah dilaunching oleh Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan pada tanggal 28 April tahun ini.

Menurutnya, Indonesia kini sedang berada di dalam kondisi darurat sampah plastik. "70% persen saat ini ikan kita mengandung micro plastik, jadi gambarannya kalau ada 10 ikan, 7 diantaranya di dalam perutnya mengandung micro plastic," ujarnya kepada peserta gerakan 1 Juta Tumbler.

Diapun lantas mengajak masyarakat untuk mulai peduli dengan lingkungan masing-masing agar kondisi tersebut tidak makin memburuk. "Kita tidak ingin ini berlanjut terus, dengan bantuan teman-teman kominfo mari kita memulai dari lingkungan kita sendiri, hidup bersih, melakukan pemilahan sampah plastik sendiri agar yang masih bisa dipakai bisa tepilah dengan baik," ajaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kominfo Rosarita Niken mengatakan bahwa program 1Juta Tumbler merupakan upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat bijak menggunakan kemasan sekali pakai. "Mari kita gunakan tumbler untuk mengurangi sampah plastik kemasan air minum," ajaknya.

Lebih jauh, Sekjen Niken menyebutkan Kominfo melalui program 1Juta Tumbler itu akan membagikan tumbler ke 10 kota berbarengan dengan kegiatan olahraga pada hari Minggu. "Kegiatan ini akan kami lanjutkan kesepuluh kota-kota besar di Indonesia, antara lain Yogyakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Pontianak, Makassar, Semarang, Lampung, Medan dan Papua Barat," pungkasnya.

Selain diberikan tumbler, masyarakat diajak melakukan senam Maumere, Poco-Poco dan Zumba bersama di ujung acara. (Yones)

Berita Terkait