Kurang Tidur Bikin Kecerdasan Menurun Lho, Simak Penjelasan Berikut Ini

Bandung, Beritainspiratif.com – Kurang tidur ternyata tidak hanya membuat kita ngantuk seharian dan gampang sakit lho.
Ada penelitian yang menyebutkan dampak kurang tidur sama seperti mabuk akibat alkohol dan narkoba.

Tak hanya itu, kurang tidur ternyata berpengaruh juga pada nilai mata kuliah alias Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada kalangan mahasiswa lho.

Dilansir dari Jitunews, sebuah studi menunjukkan, mahasiswa yang mengalami gangguan tidur setiap malam dikaitkan dengan penurunan 0,02 poin dari IPK mereka. Hasil IPK itu berkebalikan dengan mahasiswa yang tidur dengan cukup.

Selain itu, mahasiswa kurang tidur juga 10 persen lebih mungkin membolos dari kelas dibandingkan dengan yang tidak.

Seseorang yang secara rutin beristirahat dengan baik memiliki keuntungan IPK 0,14 lebih tinggi dari seseorang yang selalu mengantuk,” kata penulis penelitian, J. Roxanne Prichard, yang merupakan direktur ilmiah di Center for College Sleep, University of St. Thomas Amerika Serikat, dikutip dari Reuters.

Temuan penelitian ini didapat setelah menganalisis 55.322 mahasiswa di Amerika Serikat yang disurvei pada 2009 lalu. Rata-rata mahasiswa memiliki IPK 3,21 dan sebanyak 2,4 malam mengalami kesulitan tidur.

Prichard menjelaskan, mahasiswa dengan waktu istirahat yang cukup dapat belajar serta menyelesaikan pekerjaan dan masalah lebih efisien.

Sedangkan saat kurang tidur, tubuh cenderung merasa cemas, depresi, dan muncul penyakit lain yang dapat mengganggu efektivitas belajar. Peneliti lalu menyimpulkan agar mahasiswa dapat memperbaiki kualitas tidur agar lebih efektif saat belajar di kelas.

Bagaimana, masih mau begadang terus-terusan? Semoga berita ini bermanfaat bagi pembaca Beritainspiratif. (Yones)

Bagikan: