Kuota PPDB SMP Negeri 1 Sumber,Cirebon Capai Target



Cirebon,Beritainspiratif.com - SMPN 1 Sumber, mengaku sudah memenuhi target kuota siswa baru, pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didi Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020.

Hal ini disampaikan Kepala SMPN 1 Sumber Herry Purnama yang disampaikan Wakasek Kesiswaan Yuliyanti Wahyuningsih, kepada awak media, Selasa (9/7/2019).

"Dari jumlah pendaftar yang masuk ke panitia tercatat sebayak 465 orang, sedangkan kuota yang ada sebanyak 11 rombel (Rombongan belajar)," ujar Yuliyanti.

Dikatakan Yuliyanti, dalam 1 rombel akan diisi sekitar 30 siswa, jadi dari 465 orang yang mendaftar hanya 265 orang yang akan mengikuti proses belajar mengajar di SMPN 1 Sumber.

"Yang tidak diterima lebih dikarenakan faktor jarak dari rumah calon siswa ke sekolah, batas maksimal untuk jarak ini adalah 1.518 Meter," katanya.

Yuliyanti menyangkan penerapan jalur zonasi yang tidak mempertimbangkan nilai. Sehingga banyak siswa yang tereliminasi oleh jarak.

"Jika nanti diterapkan lagi jalur zonasi, kami inginnya 50 persen nilai dan 50 persen dilihat dari jarak," ungkapnya.

Sedangkan untuk PPDB tahap I yang dibagi ke dalam tiga jalur mulai tanggal 24 hingga 26 Juni 2019, diterima sebanyak 65 orang.  Ketiga jalur itu yakni 5 persen untuk prestasi, 5 persen perpindahan orang tua atau maslahat guru serta 10 persen untuk jalur keluarga ekonomi tidak mampu (KETM). 

Untuk jalur prestasi, ada 50 pendaftar dan yang diterima hanya 16 orang. jalur KETM ada 48 pendaftar dan yang diterima 33 orang, sedangkan jalur perpindahan ada 21 pendaftar dan diterima 16 orang.

Seperti diketahui, SMPN 1 Sumber menerima 11 rombel. Satu rombelnya terdiri dari 30 orang. Untuk pendaftaran ulang, akan dilaksanakan tanggal 9 hingga 11 Juli.  "Saya mengimbau bagi orang tua yang anaknya diterima, jangan lupa untuk mendaftarkan ulang dan menyuruh anaknya datang tanggal 13 Juli untuk pengarahan MPLS yang akan berlangsung 15 hingga 17 Juli," katanya.

Sementara itu, bagi siswa yang tidak mendaftar ulang, akan diganti dengan urutan berikutnya dengan mempertimbangkan nilai dan jarak. Berdasarkan pengamatan di lokasi, banyak orang tua calon siswa yang sedang melihat pengumumam PPDB pada papan pengumuman. 

"Tadi liat di papan pengumuman, anak saya tidak diterima. Yasudah mau apalagi, mungkin nanti ke swasta apa seperti apa sedang dipertimbangkan," ujar orang tua pendaftar, Sulaiman (34 tahun) ditemui di SMP N 1 Sumber. (Dekur)

Berita Terkait