Kunjungi lokasi longsor, Sudrajat: “Bank Tanah solusinya”

Bandung, Beritainspiratif.com – Berkunjung ke lokasi longsor di daerah Dago Resort, Kabupaten Bandung, Cagub nomor 3, Sudrajat mengatakan, Asyik tawarkan konsep penyelesaian jangka panjang, yakni Bank Tanah.

“Ketika Asyik terpilih memimpin Jawa Barat, kami ingin membuat bank tanah. Dengan begitu, pengembang yang tidak bertanggung jawab tidak bisa sembarangan lagi,” ujar Cagub yang dipilih oleh Prabowo ini di sela perjalanan kampanye-nya pada Jum’at (6/4)

Sudrajat mengungkapkan, yang dia ketahui, daerah tersebut merupakan daerah resapan air.

“Baru 20 tahun sudah banyak bangunan yang dikuasai oleh pegembang dan banyak tanah di atas puluhan hektar sudah dikuasai oleh pengembang,” ungkap Sudrajat.

Sudrajat mebambahkan, dirinya dapat memahami kabupaten memerlukan dana dan ini menyangkut masalah pendapatan asli daerah.

“Namun, jika perizinan pembangunan tidak memperhatikan aspek lingkungan, yang perlu dipahami ialah bukan hanya lingkungan alamiah tetapi ada juga masyarakat tradisionil yang sudah lama di daerah ini tidak terganggu kenyamanan hidupnya,” papar Sudrajat.

Sudrajat juga mengatakan, banyak pengembang yang hanya memikirkan keuntungan jangka pendek, tanpa mempertimbangkan efek jangka panjang. Dia berharap, jika Asyik terpilih, akan berupaya sekuat tenaga untuk menjadikan Jawa Barat sebagai daerah yang aman dari bencana sebagaimana yang sudah dirintis oleh Gubernur Ahmad Heryawan.

“Mudah-mudahan Jawa Barat ke depannya semakin aman dari bencana, senantiasa memperhatikan pembangunan berkelanjutan, memperhatikan aspek-aspek lingkungan hidup, baik bagi alam sekitar maupun masyarakat bisa terselamatkan,” pungkas Cagub yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Forum Strategi Pertahanan Regional ASEAN ini. (Kaka)

Bagikan: