Kunci Meraih Beasiswa dalam dan Luar Negeri

Beritainspiratif.com – Bagi kamu yang baru lulus SMA, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan harapan. Kendati demikian, biaya perkuliahan yang cukup mahal membuat sebagian siswa mengurungkan niat untuk melanjutkan kuliah. Biaya kuliah yang cukup tinggi seyogyanya tidak menjadi hambatan untuk melanjutkan studi. Kini banyak pihak yang menawarkan beasiswa, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut Quipper Campus beberkan tips mendapatkan beasiswa yang dilansir dari merahputih.com.

1. Pelajari Tujuan Beasiswa
Beasiswa biasanya diberikan suatu lembaga dengan tujuan tertentu. Cari tahu pihak yang akan memberikan dana beasiswa dan pelajari profil singkat tentang pemberi beasiswa. Kamu juga harus mempelajari persyaratan yang diajukan calon pemberi beasiswa. Pihak pemberi dana biasanya akan meloloskan mahasiswa yang memenuhi seluruh syarat dan kelengkapan dokumen. Untuk itu, pelajari dulu seluk beluk tentang beasiswa dan persyaratannya agar kamu berpeluang untuk mendapatkan beasiswa.

2. Aktif Berorganisasi
Tak hanya cerdas secara kognitif, seorang penerima beasiswa haruslah memiliki kemampuan berorganisasi dengan baik. “Mayoritas penyelenggara beasiswa menyukai mahasiswa yang aktif berorganisasi,” ungkap Head of Public Relation and Marketing Quipper Indonesia Tri Nuraini. Aktif di dalam organisasi kampus memiliki sejumlah manfaat, seperti memberi pengalaman dan pengetahuan baru serta memperluas jaringan. Pengalaman berorganisasi membuat kamu lebih dipertimbangkan pihak pemberi beasiswa.

3. Catat Tenggat Pengumpulan Berkas Beasiswa
Setiap tawaran beasiswa memiliki tenggat tertentu. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui batas akhir pengumpulan berkas. Kompetensi yang kamu miliki, pengalaman organisasi, dan kecerdasan intelektual tak berarti jika waktu pengumpulan berkas telah habis. Jangan sampai kelewatan ya!

4. Periksa Kelengkapan Dokumen
Ketika mengajukan permohonan beasiswa, kamu harus melengkapi sejumlah dokumen yang diminta pihak pemberi beasiswa. Tujuannya, mempermudah pihak penyelenggara dalam menyeleksi calon penerima beasiswa. Catat dokumen yang harus diserahkan ke pihak penyelenggara. Selanjutnya, periksa kembali kelengkapan dokumen yang diminta. Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran dengan teliti. Salah satu huruf saja akan berakibat fatal bagi kamu.

5. Carilah Beasiswa yang Cocok
Jika kurang beruntung saat mendaftar beasiswa, cobalah beasiswa yang lain. Jangan putus asa. Masih banyak tawaran beasiswa yang menunggumu. Kuncinya ialah terus rajin mencari. Penting juga mencari beasiswa yang cocok denganmu agar kamu lebih total dan bisa berprestasi ketika dipercaya mendapat beasiswa.

Siap mendaftar beasiswa? Ingat ya, kuncinya ialah terus berdoa dan pantang menyerah. Semoga berhasil!

YoC
Pelajari profil pemberi beasiswa. (foto: pixabay/stocksnap)

Bagikan: