KPU Jabar Turunkan Tim Verifikasi Terkait 25 Juta Pemilih Ganda di DPS



Bandung, Beritainspiratif.com -

Terkait laporan salah satu partai adanya 25 juta identitas ganda dari 137 juta pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Komisi Pemilihan Umum ( KPU), Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, dari 25 juta identitas ganda tersebut diperkirakan 1,8 juta di antaranya berada di Jawa Barat.

Dan KPU Provinsi Jabar sudah mengintruksikan KPU kota/kabupaten untuk melakukan verifikasi kebenaran identitas ganda tersebut. "kita akan turunkan KPU kabupaten kota untuk memverifikasi apakah bener atau tidak, data dari partai tersebut, karena data DPS bukan data dari DPT," ujar Yayat disela-sela usai mengikuti Deklarasi Pileg Pilpres 2019 di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (12/9).

KPU akan hati-hati dalam menyikapi laporan, "Contoh misalkan, di Majalengka. pemilihnya 920.000an, data gandanya 750.000, ini kan apa benar atau tidak, harus hati-hati," ujar Yayat.

Lebih lanjut Yayat menjelaskan, identitas itu ada di satu TPS dan Pihaknya mungkin bisa langsung memverifikasi dengan mencoret data identitas ganda tersebut. "Tapi kan ada data yang disinyalir ganda tapi belum tentu ganda, bisa saja orangnya beda-beda. Nah itu perlu verifikasi faktual ke lapangan," ucapnya. (Yanis)

Berita Terkait