Kota Bandung Zona Merah, Oded: Tunggu Kejelasan Pemprov Jabar



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku sedang melakukan upaya konfirmasi kepada pemerintah provinsi Jawa Barat terkait dengan penetapan Kota Bandung dengan status zona merah penyebaran Covid-19. Ia mengklaim penyebaran covid-19 di Bandung masih terkendali.

"Sampai saat ini belum komunikasi dengan pemprov. Saya minta pak Ema (Sekda), sekarang ia sedang melakukan konfirmasi ke pemprov," ujarnya di Kelurahan Sukaraja, Kota  Bandung Selasa (6/10/2020).

Oded menjelaskan, berdasarkan hasil komunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung kondisi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Bandung masih terkendali. Oleh karena itu, menurutnya saat terdapat penetapan baru terkait status zona ia pun ingin memastikan alasan tersebut.

"Intinya itu eksisting dilapangan terkendali ketika saya mendapatkan kemarin informasi pemprov memberikan rilis ada zona merah saya sekarang posisi sedang konfirmasi," katanya.

Baca Juga:RS-hewan-jabar-minta-dukungan-dprd-untuk-wujudkan-klinik-hewan-berjalan

Oded mengatakan, pihaknya hingga saat ini tetap siaga meminimalisasi penyebaran virus Corona dan meningkatkan kinerja termasuk tiap dua pekan melakukan evaluasi kebijakan penanganan pandemi Covid-19. Menurutnya, salah satu yang akan dioptimalkan yaitu memberdayakan Kampung Lodaya Penanganam Covid-19.

Namun, ia mengungkapkan jika harus melaksanakan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) pihaknya mempunyai pengalaman saat kasus positif di Secapa AD yang memberlakukan PSBM di lingkungan sekitar.

"Saya sudah sampaikan pak Ema dengan tim masih mengkaji di masing kewilayahan apakah bentuk seperti apa PSBM," katanya.

Baca Juga:33 Persen-penyebaran-covid-19-di-kota-bandung-dari-klaster-keluarga

Oded menambahkan, pihaknya pun tetap akan memberlakukan buka tutup jalan di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Menurutnya, kebijakan tersebut mampu berjalan efektif dan akan tetap dipertahankan selama pandemi Covid-19.

"Hasil evaluasi efektif contoh laporan dari Polrestabes dan Satpol PP banyak orang luar Bandung akan ke Bandung mereka berpikir juga, tetap saya akan mempertahankan itu,"pungkasnya.

Baca Juga:

(Mugni)

Berita Terkait