Kota Bandung Program “Kang Pisman” di Jawa Barat “Sampah Jadi Emas”

Pangandaran, Beritainspiratif.com – Kawasan wisata Pangandaran dipilih Gubernur Jabar Ridwan Kamil jadi tempat pertama penerapan program terbaru di bidang lingkungan yang bernama ‘Waste to Gold’ atau ‘Sampah Jadi Emas’

Dalam akun Instagram pribadi @ridwankamil Jumat (1/2/2019), Emil, sapaan Ridwan, menulis: “Warga Jawa Barat siap-siap, sambil mengurangi penggunaan plastik untuk belanja, jika ada sampah plastik industri yang sudah jadi sampah (botol plastik minuman dll), sekarang bisa ditukar menjadi harta berbentuk emas melalui Perum Pegadaian (Waste to Gold) yang hobi mengatasi masalah tanpa masalah”.

“Hasil dari setoran itu akan di daur ulang atau dibeli oleh perusahaan energi yang bisa mengurai senyawa plastik menjadi bahan bakar solar. Mari jadikan Jabar yang bersih dan ramah lingkungan. Lokasi pertama akan dimulai di kawasan pariwisata Pangandaran. Jabar sedang ngabret menuju #JabarJuara,” tulis Emil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Darma, menjelaskan sampah memang menjadi salah satu kendala besar dalam pengelolaan kawasan pariwisata. Namun begitu, pihaknya juga sudah mulai menggunakan teknologi dalam mengurai problem sampah, meskipun dalam sekala kecil.

“Kita sedang mencoba TPS 3R (reduce, reuse, recycle) di dua titik, kita pakai mesin untuk konversi plastik ke energi. Mudah-mudahan nanti bisa sinergis dengan program Pak Gubernur,” ungkap Surya.

(Yanis)

Bagikan: