Kota Bandung Lakukan Rapid Test Covid-19 Bagi Warga Tertentu di Stadion Si Jalak Harupat



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyediakan 2.000 alat untuk rapid test massal virus Corona (covid-19) dari Provinsi Jawa Barat yang direncanakan dilaksanakan pada Rabu (25/03/2020) mendatang.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pengecekan tersebut diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan petugas-petugas yang berada dilapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Pemeriksaan massal covid-19 direncanakan dilakukan di Stadion Jalak Harupat diprioritaskan untuk petugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat atau petugas medis yang bersentuhan dengan pasien covid-19,"ucap Oded di Alun-alun Bandung Jalan Dewisartika Senin (23/3/2020).

Oded mengimbau agar kepala dinas bisa melakukan tes mandiri atau mengikuti tes massal. Selain itu pihaknya mengaku bakal melakukan tes covid-19 hari rabu ini.

"Saya sendiri belum tes, kemarin ketika Sabtu saya dihubungi Pak Gubernur dan diminta tes. Ternyata,  alatnya habis dan hari ini baru datang alatnya, Insya Allah saya juga akan tes secepatnya,"ucapnya.

Menurutnya, Wakil Wali Kota sendiri sudah diperiksa namun belum keluar hasilnya. Hingga sekarang karena kondisi Wakil Wali Kota belum membaik dan masih dirawat, sehingga belum bisa ditemui.

"Saya mengimbau Kepala Dinas kalau bisa secara mandiri bisa tes duluan," katanya.

Rapid test Corona tersebut dilakukan setelah  adanya instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang mengalihfungsikan tiga stadion berskala besar sebagai lokasi pelaksanaan 'rapid test' corona.

Ketiga stadion tersebut adalah Stadion Patriot Candrabhaga untuk mengecek warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Karawang.

Kemudian Stadion Pakansari menjadi lokasi pengecekan warga Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Depok, lalu Stadion Si Jalak Harupat untuk memfasilitasi tes bagi warga Jabar lainnya. test tersebut paling cepat digelar Selasa, 24 Maret 2020 atau paling lambat Rabu, 25 Maret 2020.

(Mugni)

Berita Terkait