Kontes Kecantikan Ayam Serama Akan Digelar di RW 13 Sukamiskin Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com – Bandung Serama Team (BST) sebuah organisasi para komunitas ayam serama di kota bandung dan sekitarnya di Jawa Barat akan menggelar latihan bersama kecantikan ayam Serama yang bergaya diatas meja catwalk.

Acara akan berlangsung pada Minggu, 6 September 2020 di Jalan Futsal IV Blok H No.1 Bandung, RW 13 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, pukul 08.00 hingga 17.30 WIB dengan mempertandingkan 16 Kelas.

Kontes kecantikan ayam serama ini merupakan latihan bersama ayam serama yang  pertama kali diselenggarakan di Kota Bandung, sebagai ajang pemanasan sebelum ajang kompetisi rutin digelar dan akan menerapkan protokol kesehatan, Ujar Soffan Rahdiyan selaku penanggungjawab acara sekaligus tuan rumah.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat dalam memelihara ayam serama, juga sillaturahmi para komunitas dan mensosialisasikan gerakan budidaya ayam serama yang bernilai jual tinggi,”ujarnya.

Baca Juga: Inovasi-sektor-20-citarum-harum-dan-masyarakat-lakukan-infus-pohon-waru

Para penghobi, pembudidaya, pedagang dan kalangan yang tertarik dengan kecantikan ayam serama Bandung Serama Team (BST) didirikan pada tanggal 28 Februari 2011 dengan Ketua Umum Dedy Crish dan alamat sekretariat di Jalan Gandasari Kampung Sukarajin Nomor 91 Soreang Kabupaten Bandung.

Mengenal Ayam Serama Ayam

Spesies Ayam serama adalah salah satu ayam hias yang memiliki postur yang pendek, kecil, dan dadanya membusung. Ayam ini adalah ayam terkecil di dunia atau dikenal dengan nama “The Smallest Bantam Chicken” atau ayam kate terkecil di dunia. Serama memiliki bentuk yang mirip dengan ayam kate, bedanya kalau ayam ini posturnya lebih kecil dan dadanya membusung. Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya satu hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Bobot ayam serama jantan hanya sekitar 350gr, sedangkan ayam serama betina sekitar 300gr dengan tinggi rata-rata 15cm.

Ayam serama ini mirip dengan ayam kate, perbedaannya jika ayam kate, memiliki bentuk badan yang lebih besar, dadanya lurus dan tidak menonjol, jika ayam serama memiliki bentuk badan yang lebih kecil dan dadanya sedikit terangkat atau membusung serta sayapnya bisa jatuh lurus kebawah.

Penampilan ayam serama sangat memikat, ketika berdiri tegak dada tampak membusung, sayap tegak lurus, kepala tegak, bahkan melengkung ke belakang menyentuh ekor yang sedang mengembang keatas dan lurus. Seolah-olah ayam ini adalah pemberani, siap mengalahkan lawan-lawannya.

Ayam Serama sangat senang bergaya petantang-petenteng dan tak ragu berkokok lantang. Sehingga sangat menarik untuk dilombakan.

Tonton : Video Ayam Serama

Sejarah Ayam Serama

Dilansir berbagai sumber, cikal bakal lahirnya ayam serama diambil dari tokoh Sri Rama. Dalam epos Ramayana itu diperkenalkan pertama kali pada kontes ayam hias di Batu Pahat pada 1990-an. Saat itu menghebohkan kontes dunia ayam hias. Sampai pada akhirnya ayam ini diberi nama Ayam Serama karena bertingkah seperti raja yang gagah dengan dada membusung. Ayam serama terlihat anggun saat berjalan-jalan.

Harga ayam serama usia 1 bulan berkisar Rp250 ribu/pasang hingga usia 5 bulan Rp500 ribu/pasang. Namun jika sudah jadi pemenang kontes harga mencapai puluhan jutaan rupiah dan mengikuti harga pasaran.  

Yanis

Berita Terkait