Komunitas Batukaras Surfer Club Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik di Pangandaran

Kabupaten Pangandaran, Beritainspiratif.com – Saat musim liburan tiba, berbagai tempat wisata masih dipadati oleh wisatawan baik lokal atau mancanegara. Begitu pun tempat wisata pantai di kawasan Jawa Barat tidak terkecuali Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran.

Ada hal menarik di Pantai Batukaras pada pagi hari senin (8/7/2019), sekitar 50 orang berkumpul lengkap dengan sarung tangan dan karung sampah. Mereka bersiap siap merayakan gerakan #PlasticFreeJuly. Gerakan Internasional yang mengkampanyekan pengurangan sampah plastik dan penggunaan sekali pakai plastik yang memiliki banyak dampak buruk bagi lingkungan.

Acara yang bertajuk “Batukaras Beach Clean Up” merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh komunitas dan individu di sekitar pantai batukaras, yang di-inisiasi oleh komunitas Batukaras Surfer Club (BSC).

Peserta yang hadir pun beragam, mulai dari warga lokal, komunitas lokal, wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara berkumpul di depan kantor sekretariat BSC melakukan briefing. Kegiatan kali ini berbeda dari kegiatan clean up sebelumnya.

Dua Komunitas asal Bandung yaitu Life of Giving (LOG) dan Bye Bye Plastic Bags Bandung (BBPB) ikut berpartisipasi meramaikan dan menambahkan nilai tambah dalam acara clean up. Jika biasanya setiap clean up sampah yang dikumpulkan hanya langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah, pada clean up kali ini kedua komunitas menginisiasi pemilihan dan penghitungan sampah secara kategori.

Berdasarkan rilis yang diterima Beritainspiratif.com, Rabu, (10/7/2019), setelah selama 4 jam mereka melakukan pengumpulan sampah, didapatkanlah sampah sebanyak 15 karung ukuran sedang, 1.471 puntung rokok, 1.193 sedotan plastik, 460 tutup botol plastik, 370 sendok dan garpu plastik, 189 botol kemasan, dan sampah kategori residu lainnya.

“ternyata jika dipilah jadi sadar ya banyak sampah puntung rokok dan merk makanan minuman tertentu, kegiatan ini bagus dan mengedukasi dan menyadarkan secara tidak langsung, kita jadi tahu sampah apa saja yang ada di sekitar pantai, terutama puntung rokok!” ujar Deni, Ketua Batukaras Surfer Club yang juga ikut turun dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

sementara itu, Ichsan Rahman selaku Ketua Komunitas Life of Giving juga memiliki harapan besar kegiatan ini dapat dilakukan di daerah lain terutama area pantai.

“tidak sampai sini saja acaranya, sepulang dari sini saya dan tim akan membuat dokumentasi berupa video yang semoga dapat mengedukasi minimalnya teman sekitar saya yang suka traveling agar sadar lingkungan” kata ichsan.

Yazied Ahmad selaku salah satu partisipasi dan inisiator pemilahan berasal dari komunitas bye bye plastic bags Bandung juga menambahkan bahwa isu sampah adalah masalah yang harus dibenahi dari Hulu ke Hilir agar teratasi secara optimal.

“slogan buang sampah pada tempatnya di zaman sekarang sepertinya menimbulkan pertanyaan ya, karena sudah sedikit tempat menampung sampah. Sudah harus mencegah membuang dan tentunya ini sulit, tapi harus dicoba bersama sama” kata yazied.

Kumpulan sampah yang telah dikumpulkan dan dipilah sudah diberikan kepada pihak yang berwenang, sebagian sampah plastik akan diserahkan ke bank sampah untuk kemudian di daur ulang dan diolah. (Yanis)
Sumber : Taqiyuddin

Bagikan: