Komit Memajukan Seni Tradisi dan Pariwisata, Maman Imanulhaq Menyerahkan Door Prize Seekor Kuda “01”



Sumedang, Beritainspiratif.com —Tradisi lokal yang unik, khas dan punya daya tarik menjadi aset utama pariwisata Indonesia.

Presiden Jokowi pada tahun 2017 menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan pembangunan dengan tujuan melestarikan sumber daya alam, memajukan kebudayaan, memupuk rasa cinta tanah air dan menguatkan semangat gotong royong.

Demikian dikatakan Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin saat orasi kebudayaan dalam acara Festival Kuda Renggong di Tanjungkerta Sumedang, Rabu (12/12/2018).

“ Tidak hanya itu, Pariwisata juga punya dampak ekonomi multiguna, membantu penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat,” imbuh Caleg DPR RI nomor 1 dari Partai Kembangkitan Bangsa (PKB) dapil Jabar 9 (Subang, Majalengka dan Sumedang).

Tidak lupa Maman meminta masyarakat tetap menjaga kerukunan sosial, jangan terprovokasi hoak, fitnah dan adu domba yang mengakibatkan keretakan sosial dan permusuhan.

“ Sumedang terkenal dengan seni budaya dan nilai agama. Maka dengan seni kehidupan jadi penuh warna dan dengan agama, hidup menjadi terarah dan bermakna,” pungkas Maman.

Atraksi Kuda Renggong dari puluhan sanggar ini mampu menyedot perhatian ribuan masyarakat yang memadati lapangan sepak bola Tanjungkerta tersebut.

Di samping Maman, hadir pula Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga.

Agus Sukandar, Kepala Bidang Pemasaran Area 1 (Jawa) Kementerian Pariwisata RI Dr. Wawan dan Ketua Yayasan Kuda Renggong Sumedang, Asep Daseng.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengaku bangga dengan kebijakan Presiden Jokowi yang serius mengembangkan dunia kepariwisataan sehingga mampu meningkatkan perolehan devisa negara.

“ Pemerintah Kabupaten Sumedang mengapresiasi Kebijakan Presiden Jokowi melalui Kementrian Pariwisata yang menjadikan pariwisata menjadi bagian integral pembangunan nasiona,l” tutur Putera Manajer Persib Umuh Muchtar ini.

Erwan pun menitipkan ke Maman Imanulhaq, putera Sumedang yang dipercaya sebagai Direktur Relawan TKN Jokowi Amin, agar di Sumedang dibangun stadion olahraga dan sirkuit Motor GP.

“ Kami minta Kang Maman sebagai wakil masyarakat Sumedang di pusat, untuk membantu keinginan kami mempunyai stadion sepakbola dan sirkuit Motor GP”, jelas Erwan.

Rangkaian acara budaya yang dimulai dari acara Wayang Ajen di Jatirtujuh, Sisingaan di Subang dan Kuda Renggong ini adalah kerjasama Relawan Masyarakat Sadar Wisata (Masawita), pemerintah Kabupaten Majalengka, Subang, Sumedang dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Maman yang didaulat menaiki Kuda Renggong terlihat memyanyikan lagu daerah sunda dan menari bersama para peserta Festival.

Di akhir acara Maman menyerahkan Door Prize dari Relawan Masawita kepada salah satu sanggar Kuda renggong yaitu Lintang dari Pamulihan berupa seekor Kuda yang dinamai “01”.

(Yones)

Berita Terkait