Komisi V DPRD Jabar Optimis Program Sekolah Jabar Juara Tercapai

Bandung, Beritainspiratif.com – Komisi V DPRD Jawa Barat, yang membidangi kesejahteraan rakyat antara lain bidang pendidikan, melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Cirebon.

Kunjungan tersebut untuk mengetahui pelaksanaan program Sekolah Jabar Juara (Sejajar), yang diluncurkan Pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan Jawa Barat pertengan Desember 2018 lalu.

Anggota Komisi V DPRD Prov. Jawa Barat KH. Chumaedi mengatakan sebelum program sekolah Jabar Juara diluncurkan, sejumlah sekolah di Jawa Barat telah mampu membuktikan prestasinya.

Karena itu, Komisi V optimis pelaksanaan program sekolah Jabar juara, bisa berjalan dengan baik dan dapat mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan di Jawa Barat.

“Seperti halnya SMA Negeri 1 Cirebon. Sebelum program sejajar diluncurkan, memang sudah juara” ujar Chumaedi di Bandung, Rabu (6/2/2019).

Ia menambahkan, program sejajar dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan angka partisipasi sekolah, khususnya pendidikan menengah.

Disamping itu, kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dapat segera terpenuhi. Masyarakat mendapatkan pendidikan yang murah, mudah, bermutu, berdaya saing dan relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.

“Tantangannya adalah pemenuhan sarana dan prasarana seperti aula sekolah, laboraturium, juga bangku sekolah yang belum memadai dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung sistem pembelajaran yang efektif dan efisien” pungkas Chumaedi.

Dengan diluncurkannya program Sejajar, Disdik Jabar menargetkan pada tahun 2020 mendatang Angka Partisipasi Kasar (APK) masyarakat yang sekolah hingga tingkat SMA/ SMK mencapai 90%. Salah satunya melalui program Sekolah Menengah Terbuka.

Berdasarkan data dari Disdik Jabar, sudah ada sekitar 300 sekolah di kabupaten/ kota se Jawa Barat yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Sekolah Menengah Terbuka.

(Ida)

Bagikan: