Komisi IV DPRD Dorong Pelabuhan Patimban Dongkrak Perekonomian Jabar



Bandung, beritainspiratif.com - Keberadaan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, diharapkan bisa mengangkat perekonomian Jawa Barat.

Anggota Komisi IV DPRD provinsi Jawa Barat Hasbullah Rahmad mengatakan, tata ruang Jawa Barat sudah mengakomodir kawasan segitiga
rebana serta akses kereta dan jalan tol.

“Mudah-mudahan proses ekspor dan Impor di pelabuhan Patimban ini, dapat meningkatkan perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Barat” katanya di gedung DPRD jalan Diponegoro kota Bandung, Senin (10/2/2020).

Politisi dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mendorong, agar Pelabuhan Patimban bisa menjadi pelabuhan yang ramah lingkungan, karena terpisah dengan pelabuhan curah kering untuk suplai batubara.

“Nantinya ada pelabuhan curah basah dari Pertamina untuk bahan bakar dan ada pelabuhan parkir serta peti kemas,”ujarnya.

Ia menuturkan, nantinya pelabuhan Patimban bisa menjadi percepatan pertumbuhan untuk tata ruang Jawa Barat, dalam mengembangkan kawasan Industri 2 di wilayah segitiga rebana.

Dengan adanya pelabuhan Patimban, masyarakat di kabupaten Subang dan sekitarnya dapat mengeksport hasil bumi melalui pelabuhan ini.

“Semula (masyarakat) kesulitan diekspor sekarang akan lebih gampang karena pelabuhan ekspornya ada di Jawa Barat,” katanya.

(Ida)

Berita Terkait