Komisi II DPRD Jabar Dukung Rencana Pemprov Jabar Dirikan Sekolah Kopi Internasional

Bandung, Beritainspiratif.com – Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, mendukung rencana Pemprov Jawa Barat yang akan mendirikan Sekolah Kopi Internasional.

Sekolah Kopi Internasional tersebut dikerjasamakan dengan Korea, untuk mendorong promosi kopi sekaligus pariwisata Jawa Barat agar semakin mendunia.

“Kalau tujuannya mendongkrak komoditas kopi dan potensi petani lokal, Itu bagus,” kata Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Didi Sukardi di Bandung, Rabu (22/2/2019).

Menurut Didi, rencana pembangunan Sekolah Kopi Internasional tersebut, belum masuk dalam tahap pembahasan di DPRD Jawa Barat, khususnya di Komisi II yang membidangi masalah pertanian dan perkebunan.

Hingga saat ini ide dan gagasan itu, belum ada dalam perencanaan yang disampaikan oleh dinas terkait pada komisi.

“Tapi kami tetap menilai gagasan mendirikan sekolah kopi ini cukup responsif. Namun ya itu tadi, yang dimaksud sekolah kopi itu seperti apa. Jadi harus jelas dulu lembaganya, formal atau non formal,” katanya.

Didi mengatakan secara pribadi dia setuju pada rencana proyek tersebut, terlebih bilamana mampu meningkatkan potensi kopi lokal sehingga kian terkenal di mancanegara.

“Sehingga para petani dan pelaku usaha kopi di Jabar dapat terangkat. Namun terkait pembentukan sekolah, tentunya itu berhubungan dengan Komisi V,” kata dia.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Sekolah Kopi Internasional akan didirikan di kawasan pegunungan karena akan menyentuh pula sektor pariwiasata.

(Ida Damanik)

Bagikan: