Komisi I DPRD Jabar Dorong Pemprov Siapkan Gedung Sekretariat Bawaslu



Bandung, Beritainspiratif.com - Sekretaris Komisi I DPRD provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat mengingatkan, keberadaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (pemilu) baik pemilu kepala daerah, legislatif maupun pemilu presiden.

Namun hingga saat ini, Bawaslu Jawa Barat belum memiliki gedung sekretariat yang representatif.

"Kami mendorong Pemprov Jabar agar menyediakan gedung sekretariat yang representatif untuk Bawaslu," katanya usai audiensi dengan Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan di gedung DPRD Jabar jalan Diponegoro kota Bandung, Senin (2/11/2020).

Baca Juga:Gubernur-jabar-sampaikan-pengantar-nota-keuangan-rapbd-ta-2021

Sadar menandaskan pihaknya juga meminta pemprov Jabar untuk mempersiapkan dari sekarang, agar anggaran untuk gedung sekretariat Bawaslu dapat dialokasikan pada APBD tahun anggaran 2022.

"Kami juga akan mendorong persiapan penganggarannya dari sekarang, untuk proyeksi anggaran tahun 2022," ujarnya.

Pada kesempatan itu, politisi PKS ini juga meminta Bawaslu turut mencegah penyebaran Covid-19, dengan mengawasi penerapan protokol kesehatan pada setiap proses penyelenggaraan pemilu khususnya pada Pilkada Serentak 2020.

Hal itu untuk mencegah timbulnya cluster baru penyebaran covid-19.

"Meskipun secara fungsi sama sekali tidak berkaitan antara pengawasan dengan bidang kesehatan, namun peran Bawaslu sangat penting dalam memberikan supervisi agar protokol kesehatan diterapkan secara ketat pada pilkada serentak 2020," tandasnya.

(Ida)

Baca Juga:

Berita Terkait