KM Lestari Maju Tenggelam di Kepulauan Selayar, Sulsel



Beritainspiratif.com - Kapolres Selayar AKBP Syamsul Ridwan membenarkan peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang, sebagaimana diberitakan CNN Indonesia.

Diduga kapal yang berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukamba tersebut mengalami kerusakan mesin setelah 15 menit perjalanan menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar. Kata Syamsul, informasi itu didapat dari salah satu penumpang kapal.

"KM Lestari Maju dari Bulukumba tujuan Selayar di tengah perjalanan sekitar 15 menit sebelum sampai tujuan mengalami kerusakan mesin. Kapal ini berangkat pukul 13.00 (WITA)," ujar Syamsul dalam keterengan tertulis, Selasa (3/7).

Saat itu, nahkoda berupaya untuk menepikan kapal ke pulau terdekat. Namun mesin yang rusak ditambah cuaca buruk membuat sebagian kapal tenggelam sebelum sampai di pulau terdekat.

"Sebelum sampai di pulau itu, sebagian kapal kandas di karang. Posisi setengah kapal ada air, dan setengah kapal ada di atas air," kata Syamsul.

Lihat juga: KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Selayar

Sampai saat ini belum diketahui pasti berapa jumlah penumpang KM Lesati Maju. Pun demikian belum diketahui apakah ada korban jiwa atau tidak atas peristiwa tersebut.

"Sekarang sedang proses evakuasi. Jumlah penumpang kami belum tahu. Kami akan koordinasi dengan Polres Bulukumba," kata Syamsul.

Sementara dalam video yang tersebar di media sosial, terlihat puluhan penumpang panik sembari memakai pelampung beberapa saat sebelum kapal karam.

Sementara dari foto yang juga tersebar di media sosial, sejumlah mobil tercebur ke laut bersama puluhan penumpang. (Yanis)

Berita Terkait