Kloter I Jamaah Haji Asal Kabupaten Sumedang Jawa Barat Berangkat Hari Ini

Bandung, Beritainspiratif.com -Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori memastikan, waktu pemberangkatan jemaah haji Provinsi Jawa Barat belum ada perubahan.

Termasuk tempat pemberangkatan akan tetap dilaksanakan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten.

Menurutnya, pemberangkatan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hanya simbolis.

Kemungkinan ada dua atau tiga kelompok terbang (Kloter) haji yang akan menggunakan Bandara Kertajati menuju Bandara Soekarno Hatta untuk ujicoba kelayakan bandara.

“Dari jadwal yang sudah dipublish para jemaah akan masuk asrama haji Bekasi dimulai tanggal 17 Juli 2018 dan diberangkatkan masih pada tanggal yang sama,” terang Buchori lansir Galamedianews.com.

Pemberangkatan pertama jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan pada 17 Juli 2018 dan jemaah haji kloter 1 berasal dari Kabupaten Sumedang.

Terkait hal ini, beberapa saat lalu pada saat Kegiatan Pengukuhan PPIH dan Mealtest Penerbangan Embarkasi/Debarkasi Jakarta-Bekasi Tahun 1439 H/ 2018 M, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin, menyebutkan bahwa pemberangkatan jemaah haji asal Jawa Barat melalui Bandara Kertajati untuk tahun ini sangat tidak memungkinan, alasannya, untuk bisa dipakai pemberangkatan haji, minimal jaraknya dekat dengan embarkasi.

“Alasan kenapa Bandara Kertajati belum bisa menjadi bandara pemberangkatan jemaah haji adalah bandara yang menjadi embarkasi harus dekat dengan asrama haji, sedangkan posisi asrama haji Bekasi lebih dekat dengan Bandara Soekarno Hatta.

Hal inilah yang menyebabkan jemaah haji Jawa Barat masih melalui Bandara Soetta,” jelas Menag.

Ia pun berharap mudah-mudahan tahun yang akan datang, Bandara kertajati dapat digunakan sebagai bandara embarkasi haji.

“Penggunaan Embarkasi Kertajati belum bisa direalisasikan pada musim haji 2018,” ujarnya.

(Kaka)
Ilustrasi: Antara

Bagikan: