Kisah Haru, Marbot Yatim Piatu yang Dilantik Anggota Polri, Ingin Bahagiakan Orangtua



Ternate, Beritainspiratif.com – Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum., memberikan ucapan selamat kepada salah seorang Bintara Remaja yang baru saja dilantik menjadi anggota Polri bernama Bripda Ribut Fajar, usai Kapolda melantik 205 bintara Polri di SPN Sofifi, Maluku Utara, Senin (2/3/2020).

Dikutip dari Humas Polda Maluku Utara, Selasa, (3/3/2020) sebelum mengikuti pendidikan dan resmi menyandang sebagai Brigadir Polri, Ribut Fajar kesehariannya merupakan marbot di salah satu masjid yang ada di Kel. Santiong Kota Ternate.

Selain itu, Bripda Ribut Fajar juga merupakan anak yatim piatu yang ditinggalkan orang tuanya sejak dia berusia 7 bulan. Berkat kerja keras, perjuangan, kesabaran serta doa, dia berhasil menjadi anggota Polri meski sebelumnya dia sempat dua kali gagal mengikuti seleksi.

Motivasi Bripda Ribut Fajar menjadi seorang anggota Polri, adalah ingin mengabdikan diri kepada bangsa dan negara serta membahagiakan kedua orang tuanya yang sudah tiada, tulisnya.

Lazimnya di acara pelantikan kedua orangtua, ataupun minimal keluarga terdekat hadir menyaksikan, namun tidak bagi Ribut Fajar, yang sudah sejak usia 7 bulan jadi yatim piatu, dia hanya bisa sedih dan haru menyaksikan rekannya yang dihadiri orang tua dan keluarga.

Usai upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polri TA 2019-2020 SPN Polda Maluku Utara, Sofifi, Bripda Ribut Fajar terlihat berlinang air mata menceritakan kisahnya.

Ia mengikuti seleksi dari awal tanpa didampingi orang tua dan keluarga hingga dirinya dilantik menjadi anggota Polri.

Ayahnya meninggal pada saat dia masih usia 7 bulan dalam kandungan ibunya, sedangkan ibunya meninggal setelah ia dilahirkan.

Dia mengaku, sudah 3 kali mengikuti seleksi Bintara. Tes pertama tidak lulus, gagal di tes psikologi dan tes kedua gagal di kesehatan dan tes ketiga ini barulah lulus hingga dilantik menjadi keluarga besar Polri.

"Kelulusan saya murni tanpa diminta biaya apapun," ujar dia.

Ucapan Selamat dari Kapolda Maluku Utara

Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda mengatakan, Ribut Fajar ini meskipun hanya seorang penjaga masjid, namun dengan tekad dan niat yang kuat bisa menjadi seorang polisi.

“Semoga Ribut Fajar bisa bergabung masuk ke satuan Polres Ternate karena tentunya dengan hadirnya Fajar ini bisa membangkitkan semangat bagi yang lain, bahwa untuk menjadi anggota Polri itu, siapa saja bisa,” kata kapolres. (*)

Berita Terkait