Kini Pecatur Novendra Bergelar Grand Master

Jakarta, Beritainspiratif.com – Pecatur Indonesia Novendra Priasmoro akhirnya berhasil menyandang status Grand Master (GM). Laman antaranews.com menulis, pencapaian ini adalah penantian 16 tahun Indonesia.

Novendra meraih gelar itu usai mencetak kemenangan pada babak ketujuh turnamen catur Liberec Open 2020 di Liberec, Ceko, pada Kamis (27/2/2020) malam atau Jumat (28/2/2020).

Novendra adalah pecatur Indonesia kedelapan yang meraih GM, sebelumnya adalah Susanto Megaranto, Herman Suradiradja, Ardiansyah, Utut Adianto, Edhi Handoko, Cerdas Barus, dan Ruben Gunawan.

Novendra 4 kali nyaris menjadi GM, Novendra dua kali gagal di Praha Open. Lantas, ia gagal kembali satu kali di dwitarung Jakarta Open.

Selanjutnya, pada Kejuaraan Dunia Junior 2018, Novendra kembali tersungkur.

“Padahal waktu itu saya cuma butuh dua poin,” katanya kutip Antara.

“Saat itu, rating saya sudah 2498,” ujarnya.

Pada Babak 7 Liberec Open, Novendra mencatatkan kemenangan ketujuh dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon. Pecatur berating 2335 itu berasal dari Polandia. Pada laga itu, Novendra menang pada langkah 25 pembukaan Serangan Trompowsky. Raihan itu menempatkan Novendra sebagai pemuncak klasemen sementara dengan angka sempurna 7 poin.

Kemenangan itu memastikan tambahan 11 poin. Lantaran itulah, syarat poin 2500 untuk mencapai status GM terpenuhi. Novendra yang kini berusia 21 tahun itu memiliki poin 2493. (*)

Bagikan: