Kiat Sukses Bisnis Online Menurut Founder Brand Tiento Indonesia

Cirebon, Beritainspiratif.com – Untuk dapat bersaing dan sukses di bisnis online perlu adanya beberapa strategi yang harus diperhatikan oleh pebisnis. Strategi-strategi itulah nantinya akan membuat bisnisnya dikenal dan diminati.

Hal ino diungkapkan oleh Founder Brand Tiento Indonesia Zulfahmi Hendra, dalam acara Financial Technology and E-Commerce di kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon.

Menurut Hendra, strategi pertama adalah produk yang dijual adalah produk yang berkualitas, berbeda dari yang lain dan dibutuhkan konsumen, sehingga, konsumen bisa melirik produk-produk tersebut.

Kedua kedua, lanjiut Hendra adalah strategi harga. Dengan harga yang kompetitif dan kualitas barang yang bagus maka konsumen akan tertarik untuk membeli.

” Strategi kedua adalah harga yang kompetitif. Jika harga bagus dengan kualitas barang yang bagus juga, maka orang akan tertarik untuk membeli,” ucapnya.

Strategi yang ketiga, adalah service atau pelayanan. Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan, seperti ramah, respon cepat, dan komunikatif maka konsumen pasti akan betah berbelanja.

” Kalau pebisnis online tidak mempunyai pelayanan yang memuaskan, maka konsumen akan lari ke yang lain,” ujarnya.

Untuk yang keempat, adalah pengiriman barang sangat menentukan. Menurut Hendra, meskipun para pebisnis ini sudah memberikan pelayanan yang terbaik, namun kalau pengirimannya lama, maka konsumen akan komplain dan mengeluh.

“Padahal itu bukan salah kita, salah di ekspedisi. Maka dari itu, pilihlah ekspedisi yang memang mempunyai proses pengiriman yang baik dan cepat,” tuturnya.

Yang kelima adalah feedback dari pelanggan. Menurut Hendra, ini adalah hal penting, karena pebisnis online bisa mengetahui apa tanggapan konsumen dari barang yang dijual ketika sudah sampai ke tangan mereka. Dan juga, bisa dijadikan patokan atau pertimbangan bagi konsumen lain yang ingin membeli produk di pebisnis online tersebut, sesuai dengan feedback pelanggan sebelumnya.

Untuk meningkatkan penjualan, Hendra juga menganjurkan agar para pebisnis online ini menggunakan berbagai media periklanan untuk meningkatkan produk penjualan, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Adsense, Youtube, mendaftarkan lokasi di Google My Business, serta memanfaatkan fitur Gojek dan Grab.

Dan terakhir adalah menguji warning campagne. Hendra menjelaskan, faktor terpenting dalam bisnis online adalah gambar, headline, konten sales letter (orang ingin menyimak), serta menentukan target pasar calon konsumen yang mampu membeli.

“Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, maka kita bisa memenangkan persaingan bisnis online, seperti yang sudah saya terapkan dalam bisnis online saya sendiri,” pungkasnya.

Yones

Bagikan: