Ketua RW di Jabar Wajib Pahami Aplikasi ‘Sapa Warga’ Inilah Caranya !

Bandung, Beritainspiratif.com – Sapawarga adalah program pemberian fasilitas gadget dan platform aplikasi yang dapat mempermudah warga dalam menyampaikan aspirasi, mendapatkan informasi, serta mendapatkan layanan publik.

Sapawarga menjadi suatu portal satu pintu untuk warga Jawa Barat dalam menyampaikan aspirasi, memperoleh informasi, dan mengakses layanan publik, yang juga mengatasi kesulitan birokrasi, kerumitan administrasi, dan ketiadaan informasi dalam satu aplikasi.

Secara resmi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah meluncurkan aplikasi ‘Sapawarga’ sebagai bentuk implementasi inovasi teknologi dalam melayani public, pada acara yang digelar ‘Jabar Digital Innovation Awards’ (JDIA) 2019, berlangsung di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jumat (6/12/19).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jabar Setiaji mengatakan, dengan adanya aplikasi Sapa Warga pada setiap smartphone Ketua RW, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi, informasi, serta pengaduan langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau bupati/wali kotanya masing-masing, melalui aplikasi sapawarga yang ada pada Ketua RW.

Untuk itu diminta seluruh Ketua RW se-Jawa Barat, dapat mengoperasikan aplikasi Sapa Warga tersebut, ujar Setiaji di Bandung, Rabu (7/8/2019) yang lalu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun telah resmi merilis Buku Pintar Sapawarga sebagai petunjuk dalam mengoprasikan aplikasi Sapawarga pada Rabu 24 Juli 2019 di Meeting Room Lt. 1 Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan jl. Raya Parahyangan KM 1.8 Kota Baru Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam panduan pengoperasian aplikasi sapawarga, juga  dijelaskan melalui media, mengenai tata cara pemasangan dan pengoperasian aplikasi Sapawarga yang akan digunakan oleh pemerintah desa dan para Ketua RW.

Berikut adalah cara melakukan download pada Aplikasi Sapawarga yang dapat diunduh melalui Google Play / play store untuk pengguna android.

CARA DOWNLOAD

  1. Klik play store
  2. Cari Aplikasi sapawarga
  3. Download aplikasi sapawarga
  4. Tunggu sampai selesai
  5. Buka dan klik logo aplikasi Sapawarga yang ada di layar
  6. Isi Identitas pemakai/Ketua RW

LOG IN

  1. Masukan user name : [ kode desa/kelurahan] titik [ nomor rw]
  2. Password awal : ………….. [ lalu dirubah ]

Klik login, anda akan masuk pada fitur aplikasi sapawarga

Ingat !  username dan password (rahasia) simpan baik- baik, agar tetap dapat masuk ke aplikasi Sapawarga.

Masuk ke Fitur Sapawarga

Sebagai media komunikasi bagi warga Jabar, SuperApps Sapawarga ini memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui fungsi menampung aspirasi, menjembatani jalur komunikasi, dan menjadi pintu akses layanan publik secara online, dan terus akan dikembangkan.

Berikut 8 Fitur-fitur yang ada di aplikasi sapawarga :

1.Lapor

Fitur ini untuk melaporkan aduan dan aspirasi yang akan disampaikan kepada pemerintah atau lembaga terkait.

Menu terdiri dari 2 jenis laporan :

  • Laporan via Lapor

Klik logo tersebut anda akan membuat laporan via sms atau massenger melalui contact 1708, lalu klik kirim.

  • Laporan via Jabar Quick Response

Klik logo tersebut dan klik untuk membuat pengaduan baru serta isi identitas pelapor. Lanjutkan dengan mengunggah data pendukung, lalu Kirim pengaduan.

2. Usulan

Fitur ini untuk menyampaikan aspirasi, saran, keluhan, dan ide dari masyarakat melalui polling, survei, dan fitur pelaporan ke pemerintah daerah, terdiri dari menu umum dan usulan saya ;

Umum : Fitur ini merupakan tampilan usulan yang sudah disampaikan Ketua RW.

Usulan saya : klik tanda + (kolom kanan bawah), pilih kategori usulan, ketik judul usulan, dan uraikan usulannya, lalu upload foto, dan kirim usulan.

3. Survei

Fitur ini digunakan untuk memberikan pendapat melalui polling, terhadap rencana dan pelaksanaan program pemerintah misal sungai, lahan dll.

Pertama Isi data diri anda dan berikan penilaian [ 1 -5 ],  lalu kirim.

4. Polling

Fitur ini memberikan pendapat melalui polling yang telah tersaji di fitur, misalnya polling tentang mewujudkan desa sejahtera, gerakan menanam pohon, pariwisata lokal dan lainnya.

Pertama Klik vote, lalu tentukan pilihan/jawaban anda, setelah itu tekan submit

 5. Nomor Penting

Fitur dalam menu ini, menyajikan nomor Call Center dan instansi penting yang harus diketahui bila diperlukan, seperti satpol pp, kantor polisi, call center, quick response, pemadam kebakaran dan lainnya.

Caranya klik logo bergambar gagang telepon disitu, anda akan terhubung langsung dengan yang dituju.

6. e-Samsat

Fitur ini menyajikan informasi tentang pajak kendaraan, info layanan dan lainnya, serta cara pembayaran yang dapat dilakukan melalui  aplikasi Sambara, Tokopedia dan Bukalapak.

7. Jabar Saber Hoaks
Fitur ini berisikan tentang informasi terkait berita bohong (hoaks). Jika kita ingin melaporkan atau konfirmasi tentang berita hoaks, klik logo whatsapps (kanan bawah layar) disertai data pendukung, isi pesan WA dan lalu kirim.
8. Lainnya
Pada Fitur di menu ini masih dalam pengembangan, namun di dalamnya terdapat informasi terkait.
– Administrasi
  • Informasi seputar persyaratan pengurusan administrasi kependudukan (Kartu Keluarga, KTP-el, Akta Kelahiran, SKCK, Surat Kematian) dll.
– Info harga
– Perizinan
Fitur – fitur dalam aplikasi sapa warga ini juga terdapat berita-berita online yang dirilis Humas Jabar, serta dari berita online lainnya dari berbagai media, serta posting video kegiatan terkait program Pemdaprov Jabar, yang disosialisasikan Pemerintah Daerah kepada masyarakat melalui Ketua RW.

Jabar Digital Service – Jl.Maulana Yusuf No 3, Citarum,

Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115

Email : digital.service@jabarprov.go.id

Yanis

Ditulis oleh Yayan Istiandi, Ketua RW 013 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, pada tanggal 14 Desember 2019, dari berbagai sumber.

Bagikan: