Ketua RW di Jabar Wajib Pahami Aplikasi 'Sapa Warga' Inilah Caranya !



Bandung, Beritainspiratif.com - Sapawarga adalah program pemberian fasilitas gadget dan platform aplikasi yang dapat mempermudah warga dalam menyampaikan aspirasi, mendapatkan informasi, serta mendapatkan layanan publik.

Sapawarga menjadi suatu portal satu pintu untuk warga Jawa Barat dalam menyampaikan aspirasi, memperoleh informasi, dan mengakses layanan publik, yang juga mengatasi kesulitan birokrasi, kerumitan administrasi, dan ketiadaan informasi dalam satu aplikasi.

Baca Juga: Video Terbaik 1 Paduan Suara BI Jabar

Secara resmi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah meluncurkan aplikasi ‘Sapawarga’ sebagai bentuk implementasi inovasi teknologi dalam melayani public, pada acara yang digelar ‘Jabar Digital Innovation Awards’ (JDIA) 2019, berlangsung di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jumat (6/12/19).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jabar Setiaji mengatakan, dengan adanya aplikasi Sapa Warga pada setiap smartphone Ketua RW, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi, informasi, serta pengaduan langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau bupati/wali kotanya masing-masing, melalui aplikasi sapawarga yang ada pada Ketua RW.

Untuk itu diminta seluruh Ketua RW se-Jawa Barat, dapat mengoperasikan aplikasi Sapa Warga tersebut, ujar Setiaji di Bandung, Rabu (7/8/2019) yang lalu.

Baca Juga: Apakah Warga di Jabar Sudah Menerima Bansos? Cek Disini!

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun telah resmi merilis Buku Pintar Sapawarga sebagai petunjuk dalam mengoprasikan aplikasi Sapawarga pada Rabu 24 Juli 2019 di Meeting Room Lt. 1 Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan jl. Raya Parahyangan KM 1.8 Kota Baru Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam panduan pengoperasian aplikasi sapawarga, juga  dijelaskan melalui media, mengenai tata cara pemasangan dan pengoperasian aplikasi Sapawarga yang akan digunakan oleh pemerintah desa dan para Ketua RW.

Berikut adalah cara melakukan download pada Aplikasi Sapawarga yang diunduh melalui Google Play / play store untuk pengguna android.

CARA DOWNLOAD

  1. Klik play store
  2. Cari Aplikasi sapawarga
  3. Download aplikasi sapawarga
  4. Tunggu sampai selesai
  5. Buka dan klik logo aplikasi Sapawarga yang ada di layar
  6. Isi Identitas pemakai/Ketua RW
LOG IN

  1. Masukan user name : [ kode desa/kelurahan] titik [ nomor rw]
  2. Password awal : .............. [ lalu dirubah ]
Klik login, anda akan masuk pada fitur aplikasi sapawarga

Ingat !  username dan password (rahasia) simpan baik- baik, agar tetap dapat masuk ke aplikasi Sapawarga.

Baca Juga: Cek Status Bansos Warga di Jabar Disini

Masuk ke Fitur Sapawarga

Sebagai media komunikasi bagi warga Jabar, SuperApps Sapawarga ini memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui fungsi menampung aspirasi, menjembatani jalur komunikasi, dan menjadi pintu akses layanan publik secara online, dan terus akan dikembangkan.

Baca Juga:Ikuti Program Sedekah100 - Solusi Hutang Melalui Berbagi Sedekah

Berikut Fitur-fitur yang ada di aplikasi sapawarga :

1. Kegiatan RW

Fitur ini untuk melaporkan kegiatan yang telah dilakukan oleh RW bersangkutan.

Fitur ini terdiri dari 3 bagian, pertama umum, kedua kegiatan saya (RW saya) dan ketiga posting kegiatan.

Umum, berisikan kegiatan-kegiatan yang telah di posting oleh Ketua RW se Jawa Barat.

Kegiatan RW saya, berisikan kegiatan-kegiatan yang telah di posting RW bersangkutan

Posting kegiatan, merupakan fitur untuk melaporkan kegiatan yang telah dilakukan oleh RW, caranya:

Klik + posting kegiatan, upload foto (gambar) maksimal 5 foto, Tulis uraian / deskripsi kegiatannya apa dan tanggal berapa, pilih kategori kegiatannya apa ( keamanan, kebersihan, sosial, kesehatan, lain-lain dan bencana)

Klik Kirim

2. Usulan

Fitur ini untuk menyampaikan aspirasi, saran, keluhan, dan ide dari masyarakat melalui polling, survei, dan fitur pelaporan ke pemerintah daerah, terdiri dari menu umum dan usulan saya ;

Umum : Fitur ini merupakan tampilan usulan yang sudah disampaikan Ketua RW.

Usulan saya : klik tanda + (kolom kanan bawah), pilih kategori usulan, ketik judul usulan, dan uraikan usulannya, lalu upload foto, dan kirim usulan.

3. Survei

Fitur ini digunakan untuk memberikan pendapat melalui polling, terhadap rencana dan pelaksanaan program pemerintah misal sungai, lahan dll.

Tonton Video Valorant Indonesia:Carry Dong ke Platinum

Pertama Isi data diri anda dan berikan penilaian [ 1 -5 ],  lalu kirim.

4. Polling

Fitur ini memberikan pendapat melalui polling yang telah tersaji di fitur, misalnya polling tentang mewujudkan desa sejahtera, gerakan menanam pohon, pariwisata lokal dan lainnya.

Pertama Klik vote, lalu tentukan pilihan/jawaban anda, setelah itu tekan submit

5. Nomor Penting

Fitur dalam menu ini, menyajikan nomor Call Center dan instansi penting yang harus diketahui bila diperlukan, seperti satpol pp, kantor polisi, call center, quick response, pemadam kebakaran dan lainnya.

Caranya klik logo bergambar gagang telepon disitu, anda akan terhubung langsung dengan yang dituju.

6. Info Penting

Berisikan informasi penting terkait program pemerintah provinsi seperti bencana, kesehatan, pekerjaan, pendidikan dan lainnya.

7. Menu Lainnya

Terdiri dari 3 bagian yakni: cek pajak kendaraan, Jabar Saber Hoax dan administrasi.- Administrasi

  • Informasi seputar persyaratan pengurusan administrasi kependudukan (Kartu Keluarga, KTP-el, Akta Kelahiran, SKCK, Surat Kematian) dll.
- Cek Pajak KendaraanBerisikan menu Bapenda Jabar, jika kita ingin mengetahui pajak kendaraan kita.

- Jabar Saber HoaxBerisikan pemberitaan yang terverifikasi / disinformasi atau hoax

8. Info Lainnya Terkait Corona

Info tambahan ini terkait informasi yang disampaikan oleh Pusat Informasi dan koordinasi COVID-19 Provinsi Jabar, tanya jawab dan perkembangan terkait kasus corona.

Baca Juga: Kesulitan Membayar Hutang, Ikuti Program Sedekah100 Sebagai Solusi Masalah Melalui Berbagai

Fitur – fitur dalam aplikasi sapa warga ini juga terdapat berita-berita online yang dirilis Humas Jabar, serta dari berita online lainnya dari berbagai media, serta posting video kegiatan terkait program Pemdaprov Jabar, yang disosialisasikan Pemerintah Daerah kepada masyarakat melalui Ketua RW.

Jabar Digital Service - Jl.Maulana Yusuf No 3, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115

Email : digital.service@jabarprov.go.id

Yanis

Ditulis oleh Yayan Istiandi, Ketua RW 013 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, pada tanggal 14 Desember 2019, dari berbagai sumber dan Aplikasi Sapawarga

Berita Terkait