Ketua OSIS dengan Peringkat Sekolah Terbaik Bisa Masuk Unhas Tanpa Tes

Makassar, Beritainspiratif.com – Wakil Rektor 3 Universitas Hasanuddin (Unhas) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Arsunan Arsin, mengatakan bahwa Universitas Hasanuddin (Unhas) membuka jalur bebas masuk bagi siswa yang akan me mendaftar untuk tahun ajaran 2019 mendatang. Bebas tes ini juga berlaku untuk para Ketua OSIS di sekolah.

“Landasan berpikirnya adalah, Unhas adalah lembaga pendidikan yang ikut memikirkan soal regenerasi kepemimpinan bangsa, bagaimana pun generasi sekarang ini harus dipersiapkan dengan baik untuk menerima estafet kepemimpinan bangsa ke depan,” ungkapnya yang dilansir detik, Rabu, (26/12/2018).

Program ini tertuang dalam Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 5918/UN4.1/KEP/2018 tentang penetapan standar operasional dan prosedur (SOP) penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri universitas Hasanuddin program pembinaan bakat kepemimpinan bagi ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS).masing-masing.

Arsunan mengatakan, dari landasan itu maka salah satu potensi yang cukup strategis adalah dengan merekrut anak-anak bangsa yang sudah punya kapasitas kepemimpinan sejak dini, yakni ketua OSIS.

“Bagaimana pun Ketua Osis sudah punya pengalaman dan karakter kepemimpinan, dan setelah masuk di Unhas nantinya akan ditempat bakat keorganisasian dan tentunya tidak luput juga kecerdasan akademiknya,” terangnya.

Namun, ada persyaratan khusus yang diterapkan Unhas untuk memberikan bebas tes masuk kepada siswa yang hendak mendaftar lewat jalur ini. Salah satunya adalah peringkat sekolah terbaik di kabupatennya,

“Persyaratannya adalah Ketua OSIS SMA atau sederajat dengan peringkat sekolahnya terbaik di setiap kabupaten dan kota,” kata dia.

“Data yang terbaik ada di dinas pendidikan, Ketua OSIS dari sekolah terbaik tersebut yang kami undang masuk Unhas lewat jalur bebas tes,” tuturnya.

(Yanis)

Bagikan: