Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir : Segera Siapkan Anggaran Pilkada Serentak 2020



Bandung,Beritainspiratif.com - Delapan kabupaten/kota di Jawa Barat akan menggelar pilkada serentak pada September 2020 mendatang.

Kedelapan daerah itu yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok.

Terkait dengan hal itu, Ketua Komisi I DPRD prov. Jawa Barat H. Syahrir meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada seperti Satpol PP dan KPU, segera menyiapkan anggaran.

"September 2019, tahapan Pilkada serentak sudah mulai dilaksanakan. Karena itu, saya minta Satpol PP dan KPU segera mengusulkan anggaran yang dubutuhkan," ujarnya.

Syahrir menuturkan Satpol PP harus segera menghitung berapa anggaran, yang dibutuhkan untuk pemantauan pengamanan di 8 Kabupaten/Kota peserta pilkada.

Demikian juga dengan KPU diminta segera menghitung besaran anggaran, untuk operasional pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Usulan tersebut, lanjut Syahrir akan dibahas dalam APBD Provinsi Jawa Barat Perubahan tahun 2019.

"Dengan tahapan Pilkada serentak yang sudah dimulai pada September 2019, idealnya bisa mulai didanai dari APBD Perubahan tahun 2019," katanya.

Ia menambahkan anggaran untuk Pilkada serentak, bisa dengan pola sharing antara Pemprov. Jabar bersama 8 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada. (Ida)

Berita Terkait