Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari : BUMDes Harus Bisa Berikan Pemasukan Untuk Bangun Desa

Bandung, Beritainspiratif.com – Ketua DPRD prov. Jawa Barat berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat memberikan pemasukan yang lebih besar lagi kepada desa.

Harapan itu disampaikan Ineu, usai menghadiri pengukuhan 2.512 CEO BUMDes se Jawa Barat di gedung Sabuga kota Bandung, Rabu (15/5/2019).

Menurut Ineu, sejumlah desa yang sudah memiliki BUMDes mulai menunjukkan perkembangan. Anggaran desa yang tadinya berprinsip hanya untuk membangun infrastruktur, sekarang sudah diarahkan untuk pengembangan pemberdayaan ekonomi.

“Banyak potensi desa yang dapat dikembangkan oleh BUMDes, seperti pertanian dan wisata,” ujarnya.

Ineu berharap, dengan adanya CEO dalam mengelola BUMDes, usahanya akan lebih berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus nembangun desa.

“Saya berharap BUMDes ini menjadi penyemangat desa untuk mampu mengelola dan mengembangkan ekonomi di desa itu sendiri,” kata politisi PDIP tersebut.

Pengukuhan CEO dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Dari 2.512 CEO BUMDes yang dikukuhkan, paling banyak dari Kabupaten Garut 210 orang dan Kabupaten Cirebon 206 orang.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat Dedi Supendi, CEO berfungsi melakukan mentoring, fasilitasi dan memberikan bimbingan teknis dan akses permodalan.

“CEO ini untuk mengembangkan usaha, hingga berdampak pada ekonomi desa secara berkelanjutan,” pungkas Dedi.

[Ida]

Bagikan: