Ketua DPRD Jabar Apresiasi Kesiapan Sekolah Selenggarakan USBN dan UNBK

Bandung,Beritainspiratif.com – Pemerintah tahun ini kembali menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ujian Nasional SMA/ MAK akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Maret 2019, sedangkan SMA/ MA tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Sementara ujian nasional program paket C/ Ulya dari tanggal 12 sampai 16 April 2019.

Untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam nenghadapi ujian nasional tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Jum’at (15/3/2019) meninjau SMA Negeri I Cileunyi Kabupaten Bandung.

Disela kunjungan, Ineu mengatakan SMAN I Cileunyi secara umum sudah siap untuk menggelar USBN dan UNBK. Namun ia menilai masih ada kekurangan dalam hal infrastruktur, terutama ruangan untuk laboratorium yang berbasis IT.

“Kami mengapresiasi kesiapan SMAN I Cileunyi dalam penyelenggaraan USBN dan UNBK. Namun ruangan khusus untuk laboratorium masih belum memadai,” ujarnya.

Politisi partai PDIP ini mengharapkan, instansi terkait dapat segera memenuhi kekurangan ruangan tersebut sesuai prosedur yang berlaku.

Anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBD, lanjut Ineu diantaranya diperuntukkan bagi pembangunan ruangan termasuk ruangan komputer yang sesuai dengan standar.

“Ruangan khusus untuk laboratorium berbasis IT, perlu diperhatikan. Ini untuk kemajuan pendidikan,” katanya.

Ia menambahkan, kondisi SMA/ SMK yang ada di Jawa Barat saat ini belum merata baik dari sisi fasilitas maupun aksesnya.

Pelimpahan SMA/SMK ke provinsi sesuai UU 23 tahun 2014, dimaksudkan agar sistem pendidikan menjadi lebih baik.

“Ketika SMA dan SMK dilimpahkan ke provinsi, harapannya sistem pendidikan menjadi lebih baik,” pungkas Ineu.

(Ida)

Bagikan: