Ketua Bhayangkari Cabang Cirebon Kota Bersama OASE KK Melakukan Penanaman Mangrove di Pantai Kesenden

Cirebon, Beritainspiratif.com – Ketua Bhayangkari cabang Polres Cirebon Kota, Yenny Roland bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) melakukan penanaman serentak pohon mangrove di pantai Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Senin (11/3).

Penanaman serentak pohon mangrove yang diselenggarakan oleh OASE KK, TNI, Polri dan DLH Kota Cirebon ini sebagai bentuk gerakan peduli mangrove dan pemulihan daerah aliran sungai.

Yenny Roland mengatakan bahwa Bhayangkari cabang Polres Cirebon Kota sangat mendukung kegiatan ini.
Ia berharap agar penanaman mangrove ini terus ditingkatkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Semoga ke depannya penanaman mangrove ini bisa ditingkatkan untuk menjaga pantai kita dan bisa menjadi objek pariwisata yang menguntungkan bagi masyarakat Kota Cirebon,” kata istri Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy ini.

Peggy Enggartiasto Lukita, yang turut dalam kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove serentak di 10 lokasi bersama ibu negara ini beranjak dari keprihatinan terhadap kondisi pantai.

“Ini membutuhkan perhatian dan perencanaan dari kita semua baik dari pemerintahan, TNI-Polri, BUMN atau BUMD, mahasiswa, kaum perempuan dan pelajar,” tutur istri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ini.

Menurutnya, tema penanaman serentak pohon mangrove didasarkan karena Indonesia memiliki ekosistem mangrove lebih dari 23% dari total wilayah mangrove dunia dan ekosistem mangrove mempunyai peran sangat penting dalam upaya pengendalian perubahan iklim dan mitigasi bencana,

Kondisi saat ini luas hutan mangrove kita yang rusak telah mencapai 1,81 juta hektar dari total 3,4 juta hektar, kerusakan tersebut berdampak pada hilangnya kemampuan menyerap 190 juta ton karbondioksida tiap tahun dan meningkatnya tekanan terhadap abrasi dan bencana gelombang laut atau tsunami.

“Pengurus OASE KK mengajak warga semua untuk bersama-sama menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian ekosistem mangrove dan hutan pantai,” kata Peggy Enggartiasto Lukita.

Dalam kesempatan tersebut ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai. ” Mari
kita bersama-sama mengurangi sampah plastik yang merupakan salah satu program dari OASE KK,” ajaknya

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Ety Herawati mengatakan bahwa di Kota Cirebon sudah ditanam sekitar 9 hektar pohon mangrove dan ia berharap semoga ke depannya dapat meningkat dan target penanaman mangrove sebanyak 7 km di Kota Cirebon.

Ia pun mengajak agar masyarakat Kota Cirebon dapat memelihara mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. “Kegiatan ini untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, sehingga alam tetap bersahabat dengan kita dan memberikan hasil yang dapat dinikmati oleh kita bersama agar terus lestari hingga generasi mendatang, kita harus bekerja keras berusaha meningkatkan taraf kehidupan serta memperhatikan keadaan alam,”tandasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut istri Menteri Perdagangan Peggy Enggartiasto Lukita, istri Menparekraf, Poni Iravati Yahya, Wakil Walikota Cirebon Eti Herawaty, unsur Forkopimda Kota Cirebon, Kepala Balai Lingkungan Hidup RI Doddy Susanto, Ketua Bhayangkari cabang Polres Cirebon Kota Yenny Roland, Kapolsek Utara Barat Kompol Ali Mashar, Kadis LH, Abdul Sukur dan dihadiri oleh 400 orang peserta dari Polres Cirebon Kota, Bhayangkari cabang Cirebon Kota, Kodim 0614 Kota Cirebon, Persit Kodim 0614 Kota Cirebon, Korem SGJ, Lanal Cirebon, Lanud Sukani, Ormas Laskar Macan Ali, Club Brotherhood, pelajar dari SMA Negeri 2 Kota Cirebon, BPK Penabur serta komunitas DAS.

(Yones)

Bagikan: