Keris, Tombak dan Pelana Milik Pangeran Diponegoro Ditemukan di Belanda



Jakarta, Beritainspiratif.com – Pangeran Diponegoro, lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat11 November  1785. Pada tanggal  8 Januari  1855  Pangeran Diponegoro wafat pada usia 69 tahun dan dimakamkan di Makassar, tepatnya di Jalan Diponegoro, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, sekitar empat kilometer sebelah utara pusat Kota Makassar.

Pangeran Diponegoro adalah pahlawan nasional Republik Indonesia, yang terkenal karena memimpin Perang Diponegoro /Perang Jawa (1825-1830) melawan pemerintah Hindia Belanda. Perang tersebut tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia.

Dalam perjuangannya, Pangeran Diponegoro dibantu oleh putranya bernama Bagus Singlon atau Ki Sodewa. Ki Sodewa melakukan peperangan di wilayah Kulonprogo dan Bagelen.

Dikabarkan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda  menyerahkan kembali keris milik Pangeran Diponegoro kepada Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja, setelah hilang ratusan tahun lalu.

Keris itu rencananya akan disimpan di Monumen Nasional, Jakarta.

"Keris itu sangat penting bagi Indonesia. Diponegoro adalah pahlawan nasional kami. Atribut pangeran ini menyatakan statusnya," demikian keterangan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag Fery Iswandy seperti dikutip The Guardian, Kamis (5/3) dan dilansir CNNIndonesia.com.

Dilaporkan bahwa media setempat NRC pada Kamis (4/3), keris yang sempat hilang selama ratusan tahun tersebut berhasil ditemukan dalam koleksi nasional di Museum Volkenkunde, Leiden.

Sebelumnya, tim peneliti telah melakukan proses identifikasi pada koleksi-koleksinya selama dua tahun.

Selain keris, pihak museum juga mengembalikan tombak dan pelana milik Pangeran Diponegoro.

Keris tersebut menjadi senjata Pangeran Diponegoro pada masa penjajahan Belanda. Setelah ditangkap, ia menyerahkan kerisnya pada Gubernur Hindia Belanda Hendrik Merkus de Kock. Keris tersebut kemudian dihadiahkan kepada Raja Willem I pada 1831 dan masuk dalam koleksi khusus kabinet Kerajaan Belanda.

Memasuki tahun 1883, keris Diponegoro dipindahkan ke sejumlah museum dan tersebar bersama dengan peninggalan bersejarah lainnya. Informasi terkait koleksi-koleksi itu pun hilang.

Beberapa keris termasuk keris Diponegoro akhirnya disimpan dalam Museum Etnologi Nasional Belanda.

Namun, ketika itu keris milik sang pahlawan masih belum teridentifikasi, sehingga tak dapat dikembalikan saat perjanjian pengembalian benda bersejarah antara Indonesia dan Belanda pada 1975.

Pada tahun 1985, Duta Besar Belanda Frans van Dongen, menyarankan direktur Museum Nasional Etnologi untuk melakukan penelitian lebih lanjut agar dapat menemukan keris milik Pangeran Diponegoro.

Sementara itu, Museum Bersejarah Bronbeek di Arnhem juga menyatakan kemungkinan menyimpan beberapa peninggalan Diponegoro. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Kami belum mengidentifikasinya, karena itu merupakan bagian kecil. Tapi kami akan mengembalikannya setelah teridentifikasi," kata Direktur Museum Pauljac Verhoeven. ***

Berita Terkait