Keren, Indramayu Tuan Rumah Kontes Ternak Se-Jawa Barat



Indramayu, Beritainspiratif.com – Pemerintah Kabupaten Indramayu siap sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan pameran Expo Peternakan dan Kontes Ternak Ke-38 Tingkat Propinsi Jawa Barat yang akan digelar tanggal 23 - 24 Juli 2019 bertempat di Komplek Gedung Olah Raga (GOR) Singalodra Sindang Kabupaten Indramayu.

Pelaksanaan kegiatan Pameran Expo Peternakan dan Kontes Ternak Ke-38 Tingkat Propinsi Jawa Barat itu akan diikuti 27 peserta dari kabupaten/kota dengan kategori, Kontes Sapi Potong, Kontes Sapi Perah, Kontes Domba Garut, Kontes Kambing Peranakan Etawa, Kontes Ayam Sentul hingga Kontes Itik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo mengatakan, persiapan Kabupaten Indramayu sebagai tuan rumah sudah mencapai 60 persen dari mulai kesiapan 70 Stand pameran dan kondisi lapangan di Komplek GOR Singalodra sekaligus penginapan bagi peserta perlombaan termasuk fasilitas untuk sejumlah hewan kontes.

“Persiapan sampai hari ini sudah mencapai 60 persen dari mulai stand pameran sampai lokasi di kompek GOR Singalodra kemudian sudah siap tempat penginapan bagi 27 peserta kabupaten/kota termasuk fasilitas untuk hewan yang akan di konteskan nantinya,” katanya saat Rapat Perisisapan Expo Peternakan dan Kontes Ternak Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Badan Keuangan Daerah (BKD) Indramayu, Selasa (25/06/2019).

Rinto Waluyo menjelaskan, sangat beruntung terpilihnya kota manga sebagai tuan rumah Expo Peternakan dan Kontes Ternak Ke-38 karena akan memotivasi masyarakat sekitar untuk bergerak di bidang peternakan dan akan menunjukan bahwa Indramayu mempunyai peternak yang unggul.

“Kabupaten Indramayu sangat beruntung sebgai tuan rumah karena akan memotivasi masyarakat untuk bergerak di bidang peternakan dan ini moment yang luar biasa karena akan menunjukan kepada daerah lain bawha Indramayu mempunyai peternak yang unggul seperti yang ada di wilayah Majasari dan prodak hasil peternakannya sudah di akui di tingkat Propinsi Jawa Barat,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Produksi pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Propinsi Jawa Barat Aida Rosana mengatakan, terpilihnya Kabupaten Indramayu sebagai tuan rumah karena Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) yang sudah mandiri sekaligus ingin mengembangkan potensi peternakan di Kabupaten Indramayu.

“Di Kabupaten Indramayu sudah ada perangkat daerah Disnakeswan yang telah berdiri secara mandiri, ini menjadi kebanggan karena di Jawa Barat yang telah memiliki Disnakerswan baru Subang, Sukabumi dan Indramayu. Ini sangat bagus karena dapat meningkatkan dan mengembangkan peternakan di Indramayu yang memang potensial,” katanya.

Ia mengharapkan, kegiatan tahunan itu dapat berjalan dengan baik mengingat akan banyak pengunjung dari luar daerah untuk melihat kontes ternak sehingga dengan suhu Indramayu yang panas perlu adanya dukungan dari stakeholder seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menyediakan air untuk kebutuhan hewan.

“Mari sukseskan kegiata ini karena sejumlah tamu dari Jawa Barat dan luar Jawa Barat akan datang di Indramayu sehingga dengan panasnya suhu sejumlah stakeholder dapat membantu menyediakan air untuk kebutuhan hewan jangan sampai kondisi hewan terganggu akibat panasnya suhu,” pungkasnya. (Yones)

Berita Terkait