Keracunan Massal 82 Orang di Cianjur Sebagai Kejadian Luar Biasa

Cianjur, Beritainspiratif.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur menetapkan peristiwa keracunan yang diduga akibat masakan hajatan 82 warga Kampung Seuseupan, RT 01/01, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, sebagai kejadian luar biasa.

“Kasus masuk kategori KLB,” hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Neng Efa Fatimah, Senin (17/9/2018) dari laman Diskes Pemkab Cianjur.

Jumlah tersebut sebanyak 32 telah dirujuk ke RSUD Sayang, Cianjur dan sisanya ditangani oleh puskesmas setempat, sebanyak 50 orang, dan yang masih berada dalam perawatan di RSUD Sayang Cianjur sebanyak 16 orang, sisanya sudah dipulangkan karena kondisinya berangsur membaik.

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab keracunan massal itu, namun dari kronologi yang diperoleh para korban, sebelumnya mereka mengonsumsi masakan di rumah salah seorang warga setempat yang baru pulang menunaikan ibadah haji.

Penyebabnya belum bisa dipastikan. Kami masih menunggu hasil laboratorium. Sampel makanan sudah dibawa ke Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat terdiri dari nasi, telur, dan tumis bihun,” katanya.

Efa menduga, penyebabnya bukan karena proses kimiawi, tapi lebih disebabkan oleh bakteri. Karena masa inkubasi makanan lebih dari 12 jam. “Tapi itu baru prediksi”, ujarnya. (Yanis)

Bagikan: