Kepsek SMPN 34 Bandung Hadirkan Alat Pendeteksi Siswa Perokok Atau Bukan

Bandung,Beritainspiratif.com – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Negeri 34 Kota Bandung didominasi oleh pelajar perokok, sebanyak 60 persen dari 360 siswa laki-laki di sekolah tersebut positif perokok.

Kepala Sekolah SMPN 34 Kota Bandung Asep Encu membenarkan data tersebut, ia juga tidak meyakini 40 persen ini dinyatakan bukan perokok, untuk menangani itu, pihaknya telah bekerjasama dengan puskesmas menghadirkan alat pendeteksi seseorang terpapar perokok atau tidak.

“Tapi saat ini kita konsentrasi ke yang 60% kita kasih sanksi, kita edukasikan juga kasih tau mengenai bahaya merokok, dan kita berikan beberapa kali tindakan agar mereka berhenti merokok,”katanya Taman Sejarah Jalan Aceh Kota Bandung, Selasa (29/10/2019).

Namun upaya tersebut menunjukkan tren positif, sedikit satu dan dua pelajar mulai mengurangi kebiasaannya.

“Alhamdulillah, paling tidak yang biasanya mereka merokok, sudah mulai berhenti, Kita berharap setelah beberapa kali dilakukan tindakan, mereka benar-benar berhenti merokok,”harapanya.

Tidak banyak dari siswa itu, menurutnya, hanya ikut-ikutan, pengaruh teman kelas-kelas bahkan sejak SD sudah merokok. Bahkan penyebab lainnya masih banyaknya warung sekitar sekolah menjual rokok seharusnya radius 1000 meter bebas dari asap rokok.

“Kita melakukan itu datang ke warung-warung untuk mengecek siapa saja anak didik kita yang merokok, tapi Alhamdulillah tidak ditemukan,”ucapnya.

(Mugni)

Bagikan: